Lazada Alibaba Gandeng Uber Tingkatkan Pelanggan di Singapura

Lazada Group SA, operator e-commerce Asia Tenggara yang didukung oleh Alibaba Group Holding Ltd., menciptakan program loyalitas untuk pembeli di Singapura yang mungkin akan berkembang ke pasar lain. Perusahaan ini bekerja sama dengan Uber Technologies Inc. dan Netflix Inc.,
Agne Yasa
Agne Yasa - Bisnis.com 20 April 2017  |  21:07 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Lazada Group SA, operator e-commerce Asia Tenggara bersama Alibaba Group Holding Ltd., menciptakan program loyalitas untuk pembeli di Singapura. Perusahaan ini bekerja sama dengan Uber Technologies Inc. dan Netflix Inc.,

"Ini pertama kalinya perusahaan Amerika Serikat telah bersama-sama menciptakan sebuah program reward online," kata Maximilian Bittner, CEO Lazada, dilansir dari Bloomberg, Kamis (20/4/2017).

Alibaba memperoleh saham pengendali di Lazada yang berbasis di Singapura seharga US$1 miliar pada tahun 2016. Program yang diberi tajuk LiveUp tersebut mulai bergulir pada Kamis ini untuk menghubungkan layanan mereka dengan berbagai aplikasi seperti UberEats, Netflix, RedMart, dan pasar online Taobao Alibaba.

Konsumen membayar Sing$28 (US$20) per tahun untuk mendapatkan keuntungan seperti streaming Netflix enam bulan, diskon untuk wahana Uber dan pengiriman gratis untuk pembelian di Taobao atau Lazada. Aplikasi seluler program tersebut akan diluncurkan pada paruh kedua tahun ini.

Bittner berharap untuk menambah lebih banyak mitra ke depannya. Alibaba dan mitranya dari Amerika Serikat bersaing pada pertumbuhan ritel online di Singapura.

Pasar ritel internet kota-negara bagian yang menyumbang hanya 0,9 persen dari total ritel di sana pada tahun 2003, naik dari 2,4 persen pada tahun 2013 menjadi 4,8 persen pada tahun 2016, menurut data yang dikumpulkan oleh Euromonitor.

Dihadapkan dengan prospek Amazon.com Inc. yang membuat dorongan besar ke Asia Tenggara, Lazada telah mencari cara untuk mempertahankan bagiannya dari pasar e-commerce kawasan ini.

Pendiri Bittner dan RedMart Vikram Rupani meluncurkan program loyalitas di momen malam Natal sebelum mendekati Netflix dan Uber untuk terlibat.

"Keputusan mereka untuk melakukannya sangat cepat karena mereka memiliki tujuan yang sama," kata Bittner.

Uber, yang memulai debutnya di Singapura empat tahun lalu, akan menawarkan keuntungan bagi anggota termasuk wahana dan promosi gratis.

"Ini baru permulaan," kata Warren Tseng, General Manager Uber Singapore.

Tag : alibaba
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top