Wapres JK Tak Bahas Freeport dengan Mike Pence

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan dirinya tidak akan membicarakan polemik yang melibatkan Freeport dalam pertemuan bilateral dengan Wakil Presiden Amerika Serikat, Mike Pence.
Irene Agustine
Irene Agustine - Bisnis.com 20 April 2017  |  13:38 WIB
Wakil Presiden Jusuf Kalla. - Bloomberg/Dimas Ardian

Bisnis.com, JAKARTA —  Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan dirinya tidak akan membicarakan polemik yang melibatkan Freeport dalam pertemuan bilateral dengan Wakil Presiden Amerika Serikat, Mike Pence.

Wapres Kalla menjelaskan bahwa persoalan Freeport sudah ada jalan keluarnya, dan hal itu merupakan ranah business to business (B to B).

"Sudah selesai urusannya, tinggal ya biasa perbaikan-perbaikan kontrak. Dan kita tidak tanggapi atau membicarakan itu," katanya, usai pertemuan bilateral di Istana Wakil Presiden, Kamis (20/4/2017).

Seperti diketahui,  datangnya Wapres AS ke Indonesia bertepatan dengan negosiasi kesepakatan kelanjutan investasi PT Freeport Indonesia (PTFI) dengan pemerintah. Skema pajak dan divestasi menjadi beberapa hal yang masih harus dinegosiasi.

Setelah PTFI menyatakan berencana mengajukan arbitrase ke Mahkamah Internasional, pemerintah akhirnya memberikan izin ekspor konsentrat dan merevisi aturan untuk status PT Freeport Indonesia (PTFI) menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).

Adapun, pembicaraan Wapres dengan Mike Pence dalam pertemuan bilateral selama 40 menit itu dititikberatkan untuk peningkatan kerja sama perdagangan dan investasi antarnegara.

Tag : jusuf kalla, Freeport
Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top