ARUS MUDIK LEBARAN 2017: Di Belawan, Pelindo I Siapkan Feeder

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I mengatakan akan menyediakan tiga sampai empat bus feeder di Pelabuhan Belawan untuk mempermudah arus mudik Lebaran 2017.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 20 April 2017  |  19:28 WIB
Penumpang KM Kelud dari Pulau Jawa dan Batam turun dari kapal saat tiba di Terminal Dermaga Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatra Utara, Senin (13/7). - Antara/Septianda Perdana

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I mengatakan akan menyediakan tiga sampai empat bus feeder di Pelabuhan Belawan untuk mempermudah arus mudik Lebaran 2017.

Direktur Utama Pelindo I, Bambang Eka Cahyana mengatakan pihaknya memiliki fokus utama selama Lebaran yaitu di Pelabuhan Belawan, Pelabuhan Tanjung Balai Asahan, dan Pelabuhan Dumai sebagai pintu masuk arus mudik.

"Itu dari Batam pada masuk dan kembali ke daerah Sumatera. Tanjung Balai dan Dumai itu pintu masuk para TKI [Tenaga Kerja Indonesia] yang pada balik ke Jawa," jelas Bambang di Gedung BPPT II, Kantor Kemenko Maritim, Kamis (20/4/2017).

Oleh sebab itu di Belawan, nantinya Pelindo I akan membuat program kerjasama dengan pengusaha angkutan laut untuk meringankan beban caranya membuat mudik gratis dari Batam ke Belawan.

"Kemudian, dari Belawan itu supaya mereka bisa menyambung ke terminal nanti ada feeder, 3-4 bus dari pelabuhan ke terminal. Kan di dalam soalnya tidak ada angkutan umum," ungkapnya.

Nantinya juga akan ada bus gratis dari Tanjung Asih Balai Asahan ke Kualanamu. Bus gratis tersebut akan digunakan bagi para TKI yang mudik. Jumlah bus gratis tersebut sebanyak tiga bus, jalurnya dari Dumai para TKI akan dibawa menuju Pekanbaru.

"Kemudian dari Pekanbaru, H-3 kita siapkan 10 bus untuk gratis ke Padang," sambungnya.

Terkait anggaran angkutan mudik, Pelindo I masih melakukan penghitungan. Namun Bambang menyebut sumber pendanaan dari CSR.

Tag : Mudik Lebaran
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top