Spotify Perkuat Kerja Sama Lisensi

Spotify telah memperbaharui kesepakatan lisensi selama sembilan tahun dengan agen digital independen, Merlin.
David Eka Issetiabudi
David Eka Issetiabudi - Bisnis.com 21 April 2017  |  19:58 WIB
Spotify - Reuters/Christian Hartmann

Bisnis.com, LONDON - Spotify telah memperbaharui kesepakatan lisensi selama 9 tahun dengan agen digital independen, Merlin, yang terbukti membawa dampak penting untuk meningkatkan daya tarik layanan musik streaming ini kepada penggemar, Kamis (20/4/17).

Merlin setidaknya mewakili 20.000 label rekaman independen dari 51 negara, yang menjadikannya mitra terbesar keempat Spotify, setelah Sony, Universal, dan Warner Music.

Kesepakatan tersebut muncul setelah Spotify mencapai kesepakatan dengan Universal, yang membuat platform streaming lebih menarik. Karya pemusik terkenal, seperti Taylor Swift Adele, Lady Gaga, Coldplay dan Kanye West, ketika mereka merilis album barunya, dapat secara ekslusif dinikmati bagi pengguna yang membayar premi.

Spotify sudah masuk jajaran situs treaming top dunia, yang melipatgandakan jumlah pelanggan berbayar selama dua tahun terakhir, menjadi 50 juta pengguna pada bulan lalu.

Sayangnya, Spotify belum menunjukkan keuntungannya, karena terus melakukan ekspansi bisnis di seluruh dunia, termasuk membangun kantor baru di New York. Seorang sumber perbankan menyebutkan Spotify juga sedang dalam proses melantai di bursa Amerika Serikat tahun ini.

Merlin sendiri, berbasis di Amsterdam dan London, juga memberikan lisensi ke pesaing Spotify, seperti SoundCloud, Google Play, dan YouTube Red, Pandora serta Deezer.

Sumber : Reuters

Tag : musik
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top