Perlancar Arus Mudik, Pelindo III Siapkan Bus Gratis

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III merencanakan akan kembali mengadakan fasilitas layanan bus musik gratis dari sejumlah terminal penumpang dibawah pengelolaannya untuk antarkan penumpang ke sejumlah daerah di sekitarnya.
Puput Ady Sukarno
Puput Ady Sukarno - Bisnis.com 21 April 2017  |  00:16 WIB
Kendaraan pemudik antre menuju gerbang exit tol Pejagan-Brebes Timur, Jawa Tengah, Sabtu (2/7). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III merencanakan akan kembali mengadakan fasilitas layanan bus musik gratis dari sejumlah terminal penumpang dibawah pengelolaannya untuk antarkan penumpang ke sejumlah daerah di sekitarnya.

Vice President Corporate Communications PT Pelindo III Widyaswendra mengatakan perseroan tahun ini tetap berkomitmen untuk kembali mengadakan layanan bus gratis seperti sebelumnya guna menunjang kelancaran arus penumpang saat mudik lebaran.

"Tahun lalu kan kita ada bus mudik gratis untuk penumpang dari terminal penumpang di sejumlah pelabuhan, seperti di Tanjung Perak dan Tanjung Emas. Nah, kita tahun ini juga komitmen akan adakan bus gratis lagi," ujarnya saat dihubungi Bisnis, Kamis (20/4/2017).

Menurutnya, fasiltas layanan bus gratis yang akan mengangkut penumpang turun dari kapal untuk melanjutkan perjalanan ke sejumlah daerah di sekitarnya itu diharapkan dapat memperlancar arus mudik pada saat Lebaran tahun ini.

"Misalnya kalau di Tanjung Perak Surabaya, bus itu akan angkut penumpang dengan tujuan ke Jember, Madiun, dan lainnya. Kalau Tanjung as Semarang akan angkut ke Yogyakarta, Wonosobo, Pemalang, dll. Jadi Pelindo mensubsidi untuk kendaraan bus nya itu," terangnya.

Saat ini, jumlah bus yang akan diterjunkan untuk melayani angkutan bus mudik gratis tersebut masih dihitung menyesuaikan prediksi jumlah penumpang yang akan tiba di beberapa terminal penumpang tersebut.

"Tahun lalu ada sekitar 110 trip dengan ratusan bus.Tajun ini jumlahnya berapa belum tahu. Hari ini masih dibahas, baru dirapatkan di Kemenko Kemaritiman, jadi ya sekitar Senin depan kami segera umumkan kepada masyarakat," terangnya.

Tag : pelindo iii
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top