Pelni Operasikan Rumah Kita di Timika

PT. Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) melalui anak perusahaan PT. Sarana Bandar Nasional (SBN) telah mengoperasikan Rumah Kita di Timika, Papua Barat, Sabtu (22/4/2017).
Puput Ady Sukarno
Puput Ady Sukarno - Bisnis.com 24 April 2017  |  01:31 WIB
KM Tilongkabila - kapal/penumpang/pelni.blogspot.com

Bisnis.com, JAKARTA- PT. Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) melalui anak perusahaan PT. Sarana Bandar Nasional (SBN) telah mengoperasikan Rumah Kita di Timika, Papua Barat, Sabtu (22/4/2017).

Hadir pada peresmian, Kepala SBU Pelni Mart, Capt. Jarot Sulistyo, Vice President Asset PT. Pelni (Persero) Capt Kunto Handono dan Komisaris PT. Pelni Benny yang merupakan putra daerah Papua. Manager PR dan CSR PT. Pelni Akhmad Sujadi mengatakan Rumah Kita di Timika merupakan gerai pertama dari 40 yang direncanakan Kemenhub secara keseluruhan program. "Gerai Timika menjadi gerai pertama yang dioperasikan dari 40 yang direncanakan. Pelni menjadi pelopor pembangunan Rumah Kita," tuturnya seperti siaran pers yang diterima Bisnis, Minggu (23/4/2017).

Dia menerangkan gerai Rumah Kita merupakan program pemerintah, melalui Kementerian BUMN bersama Kementerian Perhubungan. Pelni Group mendapatkan penugasan membantu pemerintah dan masyarakat, terutama di daerah terdepan, tertinggal dan terpencil (3 T). Kemenhub mentargetkan membangun 40 Rumah Kita di seluruh Indonesia dan khusus Pelni mendapat penugusan di 4 daerah, yakni Timika, Manokwari, Morotai dan Saumlaki.

Menurutnya gerai Rumah Kita di Timika akan melayani daerah sekitarnya diantaranya Wamena, Yakuhimo, Agats dll dalam rangka menciptakan keseimbangan harga yang lebih baik antara wilayah Barat dan wilayah Timur Indonesia. “Disparitas harga, disparitas sosial dan ekonomi, mudah-mudahan secara bertahap dapat mulai dikurangi dengan kehadiran program Rumah Kita ini," terang Sujadi.

Pelni Logistics selaku kepanjangan tangan PT. Pelni sebagai pengelola gerai Rumah Kita di Timika, telah berusaha untuk mendesain gerai Rumah Kita ini agar dapat melayani kebutuhan masyarakat baik yang berbelanja secara retail (eceran), maupun secara grosir. Berbagai kebutuhan masyarakat, akan disediakan mulai dari Sembako, beras, ayam beku, tepung, sabun, shampoo bahkan sampai kebutuhan kebutuhan bahan penting untuk pembangunan seperti semen akan disiapkan.

Gerai Rumah Kita Timika ini juga akan berfungsi sebagai Sentra Distribusi (Distribution Center – DC) untuk memasok barang kebutuhan masyarakat ke wilayah Wamena. "Rencananya dalam waktu dekat Rumah Kita Timika akan mulai memasok semen serta sembako ke Wilayah Wamena," ujarnya. Sementara itu setelah Timika, pembukaan gerai di Wamena juga terus dipersiapkan agar dapat melayani kebutuhan masyarakat dengan lebih baik lagi.

Pelni Logistics juga sedang mempersiapkan untuk membangun gerai Rumah Kita di Saumlaki bekerjasama dengan BUMD Saumlaki, di area Pasar Omele Saumlaki. Rumah Kita merupakan implementasi konsep dan tindaklanjut tol laut gagasan Presiden Jokowi. Rumah Kita adalah ide Kementerian Perhubungan dan Kementerian BUMN dengan mensinergikan BUMN, PT. Pelni, Pelindo, RNI, Bulog, PPI dan lainnya untuk bersama-sama membantu menurunkan harga di rute tol laut.

Tag : pelni
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top