Angkutan Lebaran 2017, Kemenhub Siapkan 1.278 Kapal

Guna menunjang kelancaran penyelenggaraan angkutan laut pada masa Lebaran 2017, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut akan menyiapkan armada kapal laut sebanyak 1.278 unit.
Puput Ady Sukarno
Puput Ady Sukarno - Bisnis.com 25 April 2017  |  19:30 WIB
Ilustrasi - Antara/Kornelis Kaha

Bisnis.com, JAKARTA - Guna menunjang kelancaran penyelenggaraan angkutan laut pada masa Lebaran 2017, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut akan menyiapkan armada kapal laut sebanyak 1.278 unit.

Dirjen Perhubungan Laut Tonny A. Budiono mengatakan bahwa masa penyelenggaraan Angkutan Laut Lebaran 2017 (1438 H), akan dilaksanakan mulai 10 Juni 2017 (H-15) sampai dengan 11 Juli 2017 (H+15).

“Pada penyelenggaraan angkutan laut lebaran 2017 kami akan menyiapkan armada kapal laut sebanyak 1.278 unit kapal," tuturnya, Selasa (25/4).

Jumlah tersebut mengalami kenaikan dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 1.273 unit kapal, lantaran tahun ini terdapat lima armada perintis cadangan / pengganti sebanyak 5 unit kapal.

Menurutnya ribuan unit kapal tersebut terdiri dari kapal PT. Pelni 26 unit, kapal Ro-Ro swasta 28 unit, kapal penumpang swasta 24 unit, kapal swasta jarak dekat 1049, armada perintis 96 unit dan juga perintis cadangan sebanyak 5 unit kapal.

Kemenhub memproyeksikan jumlah penumpang yang menggunakan sarana angkutan laut untuk mudik lebaran diperkirakan akan mengalami kenaikan, meskipun tidak signifikan seiring semakin baiknya sarana dan prasarana sejumlah terminal penumpang di beberapa pelabuhan di Tanah Air.

Realisasi penumpang pada arus mudik tahun lalu mencapai 1.674.513 orang, mengalami kenaikan sebanyak 114.382 atau setara 7,33% dibandingkan realisasi 2015 sebanyak 1.560.131 penumpang. Tahun ini diprediksikan meningkat sekitar 3%.

Sementara, bersamaan dengan penyelenggaraan angkutan laut lebaran ini, dilakukan pula kegiatan pemantauan dan pengendalian lalu lintas dan angkutan laut melalui Posko Angkutan Laut Lebaran 2017 yang merupakan bagian dari Posko Angkutan Lebaran Terpadu Kementerian Perhubungan.

Di mana, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut akan memonitor 52 pelabuhan pantau selama musim angkutan laut Lebaran 2017.

VP Corporate Communications PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Widyaswendra memprediksikan bahwa jumlah penumpang angkutan kapal yang bakal dilayani di beberapa pelabuhan dibawah wilayah operasinya tahun ini tidak akan mengalami peningkatan signifikan dibandingkan dengan tahun lalu.

Realisasi jumlah penumpang kapal laut yang dilayani Pelindo III di sejumlah pelabuhannya di Tanah Air lada tahun lalu itu mencapai sekitar 456.304 penumpang, yang diangkut dengan sekitar 658 kapal.

Prediksi yang tidak jauh berbeda dengan tahun kalau tersebut lantaran saat ini mulai semakin meningkatnya pengguna transportasi laut yang beralih ke udara.

"Karena tren penumpang kapal bisanya turun. Tapi meskipun demikian kami terus berkomitmen melakukan perbaikan fasilitas terminal penumpang yang ada, terutama fasilitas ruang tunggu, demi peningkatan kenyamanan penumpang," ujarnya.

Secara infrastruktur, terutama terminal penumpang di beberapa pelabuhan, antara lain Tanjung Perak, Banjarmasin, Tanjung Emas, Benoa dan Gresik bisa dinyatakan siap 100% untuk menyambut kedatangan para penumpang arus mudik lebaran tahun ini.

Sementara untuk beberapa pelabuhan lain masih dalam proses peningkatan pelayanan dan kenyamanan dan secara persentase masih sekitar 90%-95%.

"Kalau kesiapan terminal penumpang dibeberapa pelabuhan tertentu hampir bisa dikatakan 100% infrastrukturnya siap. Tinggal penyusunan tim koordinasi terpadunya," ujarnya.

Tag : kapal
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top