Ekonom IPB Yakin Stok Pangan Ramadan & Lebaran Aman

Pengamat ekonomi Institut Pertanian Bogor Hermanto Siregar yakin ketersediaan bahan pokok pangan selama Ramadan dan Idulftri mencukupi.
Miftahul Khoer
Miftahul Khoer - Bisnis.com 30 April 2017  |  15:14 WIB
Ilustrasi pedagang daging sapi - JIBI/A. Rachman

Bisnis.com, BOGOR - Pengamat ekonomi Institut Pertanian Bogor Hermanto Siregar yakin ketersediaan bahan pokok pangan selama Ramadan dan Idulftri mencukupi.

"Saya yakin stok pangan untuk ramadan dan Idulfitri aman terutama daging, beras, gula, dan pangan lainnya juga sama cukup," ujarnya pada Minggu (30/4/2017).

Menurutnya, selama ini pemerintah telah berupaya memenuhi kebutuhan pangan menjelang Ramadan dan hari raya mulai dari impor daging hingga mengecek ketersediaan pangan di gudang-gudang.

Hanya saja, kata dia, yang perlu diperhatikan adalah soal harga menjelang Ramadan dan lebaran tak sedikit penjual yang menimbun stok.

Selain itu, pemerintah harus terus turun ke lapangan untuk memastikan ketersediaan benar-benar mencukupi. "Jadi jangan hanya klaim, tetapi dibuktikan dengan terus terjun ke lapangan."

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memastikan stok pangan nasional sampai Juli dan September 2017 akan tercukupi.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Perdagagan Enggar saat mengunjungi Pasar Induk Beras Cipinang di bawah naungan BUMD DKI PT Food Station Tjipinang.

Menurutnya, salah satu komoditas pangan yang paling mencukupi adalah beras yang dinilai melimpah di beberapa gudang termasuk Pasar Induk Beras Cipinang.

"Untuk stok beras kami over, cadangannya lebih dari cukup. Kalau minyak curah, minyak goreng stok kami juga cukup," paparnya seperti dikutip dari laman resmi Food Station.

Tag : pangan, Stok Beras
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top