Gorontalo Outer Ring Road Ditargetkan Selesai 2019

Pembangunan Gorontalo Outer Ring Road sepanjang 45 kilometer ditargetkan selesai 2019.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 30 April 2017  |  22:03 WIB
Gorontalo Outer Ring Road - Twitter

Bisnis.com, GORONTALO - Pembangunan Gorontalo Outer Ring Road sepanjang 45 kilometer ditargetkan selesai 2019.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan Gorontalo Outer Ring Road (GORR) ini dimulai sejak 2014.

"Pembangunan GORR ini merupakan jalan dari bandara ke kota. Saat Pak Presiden ke sini pada 2015 minta pembangunan GORR ini dipercepat," ujarnya saat meninjau pembangunan GORR, Minggu (30/4).

Anggaran yang telah digunakan untuk pembangunan GORR yang dilakukan sejak 2014 hingga saat ini telah mencapai Rp743 miliar.

Pembangunan GORR ini terdiri dari tiga segmen yakni segmen I sepanjang 15 kilometer, segmen II dengan panjang 11 kilometer, dan segmen III sepanjang 19 kilometer.

"Untuk segmen II sendiri masih ada yang belum bebas yakni satu titik milik masyarakat dan satu lagi milik hutan tanaman industri (HTI)," katanya.

Namun demikian, kendala lahan pada segmen kedua itu diyakini dapat terselesaikan karena status lahan yang HTI telah memperoleh izin dari Pemerintah Provinsi Gorontalo.

"Kalau yang lahan masyarakat karena itu ternyata tempat pembuatan batu bata, nah dia tidak ingin dibeli hanya luasnya tapi volume tanahnya juga. Jadi ini nanti secara konsinyasi," tuturnya.

Saat ini, pembebasan lahan di segmen III GORR baru dimulai. Basoeki meyakini pembangunan GORR seluruhnya akan rampung pada 2019.

Tag : Kementerian PUPR, gorontalo
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top