EKSPOR PRODUK HALAL: Pengusaha Minta Dukungan Regulasi

Pelaku usaha muslim nasional mendorong pemerintah untuk membuat regulasi yang mampu mendukung perkembangan industri produk halal Tanah Air
Annisa Margrit
Annisa Margrit - Bisnis.com 15 Mei 2017  |  16:43 WIB
Ilustrasi. - .Bisnis/Alby Albahi

Bisnis.com, JAKARTA— Pelaku usaha muslim nasional mendorong pemerintah untuk membuat regulasi yang mampu mendukung perkembangan industri produk halal Tanah Air.

Ketua Umum Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (Ipemi) Inggrid Kansil mengatakan negara dengan penduduk mayoritas non-muslim seperti Thailand justru telah memiliki peraturan yang jelas mengenai produk halal.

“Yang kami dorong adalah bagaimana negara kita bisa mengondisikan produk-produk halal lebih mendunia lagi. Produk halal Thailand, yang muslimnya sedikit, justru sudah berjalan dengan baik, banyak kebijakan yang memang bagus,” papar dia usai membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ipemi 2017, Senin (15/5).

Inggrid juga menyatakan pihaknya ingin mendorong pelaku UKM, terutama perempuan, untuk bisa mandiri. Besarnya pasar produk halal disebut sebagai peluang yang mesti dimanfaatkan.

Ipemi berharap pemerintah bisa lebih memberikan perhatian terhadap pengembangan produk halal dalam negeri, khususnya yang dihasilkan oleh pengusaha skala UKM. Salah satu caranya adalah dengan sosialisasi UU Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal yang lebih intensif dan merata.

 

Tag : makanan
Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top