KEMBANGKAN UMKM: Aqua Dampingi Koperasi Berkesadaran Lingkungan

Pabrikan air minuman dalam kemasan Aqua memperkuat pemberdayaan ekonomi masyarakat sekaligus memperluas kesadaran lingkungan hidup melalui pembinaan Koperasi Hijau Wanjati, Jatianom, Pandaan
Ratna Ariyanti
Ratna Ariyanti - Bisnis.com 17 Mei 2017  |  13:01 WIB
Pabrikan air minuman dalam kemasan Aqua memperkuat pemberdayaan ekonomi masyarakat sekaligus memperluas kesadaran lingkungan hidup melalui pembinaan Koperasi Hijau Wanjati, Jatianom, Pandaan. - .Ratna Ariyanti

Bisnis.com, PASURUAN-- Pabrikan air minuman dalam kemasan Aqua memperkuat pemberdayaan ekonomi masyarakat sekaligus memperluas kesadaran lingkungan hidup melalui pembinaan Koperasi Hijau Wanjati, Jatianom, Pandaan.

Mulyono Wibisono, Koordinator Tanggung Jawab Sosial Perusahaan PT Tirta Investama Pandaan, mengatakan perusahaan memberikan bantuan permodalan dan pelatihan bagi koperasi simpan pinjam tersebut.

Berbeda dengan koperasi pada umumnya, para peminjam diharuskan untuk menanam paling sedikit lima jenis tanaman, yaitu cabai, terong, kelor, kemangi, dan tomat di sekitar hunian mereka. Koperasi juga aktif mencari pendanaan tambahan dengan mengumpulkan dan memilih sampah lalu menjual sampah tersebut ke bank sampah Karangjati, Pandaan.

"Ini cara kami untuk meningkatkan kesadaran pentingnya menjaga lingkungan hidup dari lingkungan terkecil dan komunitas," ujar Mulyono, di sela-sela kunjungan jurnalis ke pusat aktivitas Koperasi Wanjati, Rabu (17/5/2017).

Koperasi yang sebagian besar anggotanya adalah perempuan itu juga aktif mengelola Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Wanjati yang menerapkan kurikulum berbasis lingkungan.

Yuliatriasih, perintis dan pengawas Koperasi Wanjati, menyebutkan koperasi saat ini memiliki 89 anggota. Usaha yang dikembangkan di antaranya adalah kerajinan tangan, bubuk jahe siap minum, dan keripik tempe.

"Kami berharap usaha kecil yang ada di wilayah ini dapat terus dikembangkan. Selain pendanaan, kami juga sangat memerlukan peningkatan pelatihan dan pemasaran," ujar Yuliatriasih.

Dalam pembinaan koperasi, Aqua juga didampingi oleh mitra lokal, Yayasan Investasi Sosial Indonesia.

Pengembangan ekonomi dan masyarakat merupakan bagian dari program Aqua Lestari. Pembinaan koperasi dilakukan mulai dari penyusunan standar operasional prosedur, penyediaan perangkat lunak teknologi informasi, admistrasi, pelatihan sumber daya manusia, sosialisasi, dan pembiayaan usaha.

Tag : ukm
Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top