MUDIK 2017 : Pemkab Bantul Siapkan Jalur Alternatif

Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyiapkan sejumlah jalur alternatif untuk dapat dilalui kendaraan atau angkutan pada saat arus mudik dan balik Lebaran 2017.
Newswire | 29 Mei 2017 03:52 WIB
Kendaraan memadati ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek maupun sebaliknya di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (13/4). - Antara/Risky Andrianto

Bisnis.com, BANTUL -- Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyiapkan sejumlah jalur alternatif untuk dapat dilalui kendaraan atau angkutan pada saat arus mudik dan balik Lebaran 2017.

"Untuk jalur alternatif mudik Lebaran ada beberapa ruas yang disiapkan, misalnya dari arah barat melewati jalur selatan Bantul untuk menuju Ring Road DIY," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul Aris Suharyanta di Bantul, Minggu (28/5/2017).

Ia mengatakan, beberapa jalur alternatif di Bantul dari arah Kulon Progo, yaitu dari Toyan melewati Srandakan Bantul kemudian lewat Cengkiran-Wijirejo kemudian melewati Tamantirto sebelum masuk wilayah Yogyakarta.

Kemudian dari Jalan Wates Sedayu melewati Pajangan menuju simpang tiga Kadirojo dan masuk Ring Road Barat Bantul untuk kemudian ke Yogyakarta via Dongkelan dan sebaliknya, sehingga bisa dilalui saat pulang maupun pergi.

"Apabila Jalan Wates, Ring Road Selatan DIY dan jalan Wonosari terjadi kemacetan, pemudik disarankan menggunakan jalur alternatif yaitu melalui simpang Sedayu - Pajangan - simpang tiga Pandak - Palbapang - Bakulan - Barongan kemudian sampai Piyungan," katanya.

Aris mengatakan, instansinya telah melengkapi sarana dan prasarana lalu lintas terutama RPPJ (rambu penegas petunjuk jurusan) di simpang empat Sedayu dan simpang empat Sampaan Piyungan.

"Dari Dishub beberapa waktu lalu sudah memasang seluruh rambu jalan yang akan diprediksi untuk arus mudik maupun arus wisata. Jadi titik-titik jalur yang ke wisata maupun ke mudik sudah selesai kita pasang rambu-rambu," katanya.

Ia mengatakan, untuk kesiapan personel perhubungan dalam mengatur kelancaran arus lalu lintas, Dishub menerjunkan sebanyak 113 personel, ditambah 10 personel titipan dari Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN).

"Selain patroli arus kendaraan personel juga memantau kinerja rambu dan alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL). Jadi secara umum fasilitas maupun sarana dan prasarana lalu lintas serta personil dalam kondisi siap," katanya.

 

Sumber : Antara

Tag : mudik lebaran
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top