Tips Memilih Berita dan Menghindari Hoax di Internet

Ada berbagai aplikasi pembaca berita yang bisa digunakan seperti Google News, Google Play Newsstand, dan Flipboard. Aplikasi Feedly atau Inoreader lebih cocok bila Anda ingin memilih sendiri sumber berita yang hendak Anda baca.
Gombang Nan Cengka
Gombang Nan Cengka - Bisnis.com 04 September 2017  |  12:57 WIB
Warga lanjut usia (lansia) mengikuti pelatihan penggunaan teknologi komputer dan internet sehat di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (12/4). - Antara/Moch Asim

Bisnis.com, JAKARTA — Media sosial (khususnya Facebook) sebetulnya bukan sumber berita yang ideal karena kita cenderung mengikuti dan berkumpul dengan orang-orang yang sependapat dengan diri kita sendiri. Oleh karena itu, berita-berita yang tampil di Facebook biasanya adalah berita yang disukai oleh lingkaran sosial Anda.

Namun, penelitian yang dilakukan oleh Edelman di Indonesia atau Pew Research di Amerika Serikat menunjukkan saat ini media sosial merupakan salah satu sumber berita utama.

Agar lebih cerdas memilih berita dan artikel web, satu cara yang disarankan adalah memilih sendiri sumber berita yang hendak dibaca. Tentunya Anda harus dengan sadar memilih juga situs web yang tidak selalu segaris dengan pendapat Anda, tetapi sudah terbukti terpercaya.

Bila Anda mengumpulkan banyak sumber berita, agak merepotkan juga mengunjungi semua situs web tersebut satu-satu.

Ini merupakan salah satu alasan kenapa orang membiarkan berita tersebut disaring lewat lingkaran sosial di Facebook atau Twitter. Cara terbaik untuk mengelola sumber berita dalam jumlah besar adalah menggunakan aplikasi agregator RSS seperti Feedly atau Inoreader

 

Memilih medium

Banyak orang pada saat ini menggunakan ponsel pintar sebagai peranti utama buat berbagai keperluan, termasuk untuk membaca berita. Ada berbagai aplikasi pembaca berita yang bisa digunakan seperti Google News, Google Play Newsstand, dan Flipboard. Namun kebanyakan sumber berita dari aplikas-aplikasi seperti ini dipilih sendiri oleh pengembang, dan agak susah menambahkan sumber berita sendiri.

Aplikasi Feedly atau Inoreader lebih cocok bila Anda ingin memilih sendiri sumber berita yang hendak Anda baca. Anda tinggal menambahkan alamat web (URL) situs web atau blog yang ingin Anda pantau, dan Feedly atau Inoreader akan memantaunya.

Aplikasi ini juga tersedia dalam bentuk layanan web yang terselaraskan dengan aplikasi ponsel. Bila Anda sudah membaca atau menandai suatu berita di ponsel, informasi ini otomatis akan ditampilkan di layanan webnya.

 

Artikel tepercaya

Bila Anda seperti saya yang mengikuti banyak situs web (artinya bisa puluhan atau ratusan artikel dalam sehari) tentunya Anda tidak akan punya waktu untuk membaca semua. Anda harus mengatur sistem untuk memilih berita atau artikel apa saja yang patut dibaca.

Salah satu cara adalah memanfaatkan aplikasi agregator RSS untuk memindai berita, baik dari judulnya ataupun dari ringkasannya yang mungkin ditampilkan. Anda bisa mengirim artikel di agregator RSS ke layanan lain untuk dipilah lebih lanjut. Salah satunya adalah Evernote (bila Anda ingin menjadikannya sebagai sumber catatan) atau Pocket dan Instapaper (untuk dibaca dengan format yang lebih nyaman).

Instapaper misalnya memiliki fitur untuk anotasi, sehingga Anda tidak hanya bisa membaca tetapi juga bisa menambahkan catatan dan komentar pada artikel yang Anda baca.

Tag : hoax
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top