Pembangunan RS Pendidikan Sam Ratulangi Gunakan Skema KPBU

Rencana pembangunan Rumah Sakit Pendidikan Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara dipastikan akan dilanjutkan dengan skema pembiayaan Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha.
Puput Ady Sukarno
Puput Ady Sukarno - Bisnis.com 14 September 2017  |  07:34 WIB
Rumah sakit - Istimewa

Bisnis.com, MANADO - Rencana pembangunan Rumah Sakit Pendidikan Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara dipastikan akan dilanjutkan dengan skema pembiayaan Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha.

Proyek yang telah direncanakan sejak 2009 tersebut, diproyeksi bakal menjadi Rumah Sakit Pendidikan (RSP) terbesar di wilayah Indonesia Timur.

"Proyek ini akan menjadi percontohan pembangunan infrastruktur PTN dengan skema KPBU," kata Rektor Universitas Sam Ratulangi Ellen Joan Kumaat, Rabu (13/9).

Saat ini, lanjut dia, skema pembiayaan pembangunan RSP tersebut tengah dibahas di Kementerian Keuangan dan Kementerian Ristek Dikti.

"Informasinya sudah ditandatangan oleh Sekjen Kemenristek Dikti, tapi saya belum pegang suratnya akan saya lacak prosesnya sampai dimana," ungkapnya.

Sebelumnya, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Penganggaran dan Kerjasama Unsrat Sangkertadi mengatakan direncanakan proses pembangunan RSP akan dimulai kembali pada 2018.

Saat bertandang ke Istana Februari lalu, pembangunan RSP mendapat restu Presiden Joko Widodo.

Rencana melanjutkan pembangunan RSP dengan skema KPBU ini terungkap saat Presiden melaunching 5 proyek di Istana Negara pada beberapa menteri, di mana Unsrat mendapatkan kesempataan satu proyek.

“Presiden Jokowi melaunching 5 proyek KPBU 2017 pada 17 Februari 2017 di Istana Negara. Salah satunya, proyek RS Pendidikan Unsrat,” tegas Sangkertadi.

Sementara itu bentuk kerjasama tersebut, adalah percepatan pembangunan bangunan RS yang sempat terhenti.

Kata Sangkertadi, ini sangat baik, karena skema penganggaran bangunan menggunakan DIPA Unsrat. Selanjutnya, pembangunan RS sudah menggunakan skema penggangaran swasta nasional.

“Sesuai rapat yang dijabarkan oleh Presiden, 2018 RS Pendidikan Unsrat sudah dibangun. Proses penyelesaian tahun 2019,” terangnya.

Kata dia, Unsrat bisa dikatakan sangat beruntung, sebab dari sekian banyak Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia, Unsrat menjadi salah satu yang mendapatkan kesempataan pelaksanaan kegiatan proyek percontohan yang dirancang sebagai pengujian (trial).

Unsrat sebagai pilot projectnya dalam rangka untuk menunjukkan keefektifan suatu pelaksanaan program.

“Unsrat bisa dibilang tidak lagi kebinggungan mencari anggaran pembangunan. Sebab, Unsrat siap mengoperasikan alias Unsrat siap jadi,” pungkasnya.

Tag : rumah sakit
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top