Terminal Petikemas Surabaya Layani Direct Call Tiap Pekan ke 10 Negara

Dengan pelayaran langsung biaya yang dikeluarkan lebih rendah karena barang yang diekspor bisa langsung ke negara tujuan dan kepastian waktu sandar
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 18 September 2017  |  14:41 WIB
Ilustrasi - JIBI/Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS) mulai melayani pengiriman petikemas ke luar negeri atau direct call setiap pekan. Directi call ke beberapa negara ini diharapkan bisa mendongkrak perdagangan luar negeri dari Jawa Tiimur.

Head of Public Relation TPS, Muchammad Solech mengatakan pelayaran langsung ke pasar mancanegara bakal meneken biaya logistik sekaligus mengurangi waktu pengiriman. Beberapa negara tujuan yang bisa dilakukan direct call antara lain Jepang, China, Taiwan, Hong Kong, Thailand, Australia, Korea Selatan, Timor Leste, Singapura, dan Malaysia.

“Dengan pelayaran langsung biaya yang dikeluarkan lebih rendah karena barang yang diekspor bisa langsung ke negara tujuan dan kepastian waktu sandar,"ujar Solech dalam publikasi yang dikutip Bisnis.com, Senin (18/9/2017).

Menurut Solech, pembukaan pelayaran langsung ke berbagia negara diharapkan bisa meningkatkan arus petikemas atau throughput di mana sepanjang tahun ini TPS menargetkan arus petikemas sebesar 1,4 juta TEUs.

Dalam periode Januari-Agustus 20017, arus petikemas di TPS mencapai mencapai 910.352 TEUs dengan jumlah kunjungan kapal mencapai 847 unit. Sementara itu, sepanjang 2016 arus petikemas tercatat 1.397.428 TEUs dengan rata-rata per bulan 110.000 TEUs.

Solech berharap, pelauaran langsung juga bakal mendorong dan meningkatkan ekspor industri di Jawa Timur. Selain ekspor, impor atau barang yang akan masuk ke Surabaya juga akan menjadi lebih cepat dan mudah sehingga masyarakat Jawa Timur bisa menikmati barang-barang dari luar negeri dengan harga terjangkau berkat biaya logistik yang efisien.

Tag : tps
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top