RI & Kroasia Perkuat Kerja Sama Perdagangan

Pemerintah Indonesia dan pemerintah Kroasia sepakat memperkuat kerja sama perdagangan.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 19 September 2017  |  13:29 WIB
Ilustrasi. - .TPKS.co.id

Bisnis.com, JAKARTA- Pemerintah Indonesia dan pemerintah Kroasia sepakat memperkuat kerja sama perdagangan.

"Tahun ini Indonesia dan Kroasia rayakan 25 tahun hubungan diplomatik dan kedua negara bertekad memperkuat kerja sama di bidang ekonomi," kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi usai melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Kroasia Marija seperti dikutip Antara, Selasa (19/9/2017).

Pertemuan bilateral itu dilakukan di sela-sela Sidang Majelis Umum ke-72 PBB di New York, Amerika Serikat pada Senin(18/9).

Pertemuan itu merupakan pertemuan pertama Menlu Retno sejak Menlu Marija dilantik. Lebih lanjut kedua Menlu juga menekankan pentingnya peningkatan hubungan perdagangan, investasi, pendidikan dan sosial budaya antara Indonesia dan Kroasia.

"Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan perdagangan adalah dengan menggali potensi komoditas dagang, memfasilitasi pertemuan antara pelaku bisnis kedua negara dan meningkatkan partisipasi pada promosi perdagangan," kata Retno.

Retno  juga menyambut baik tawaran Kroasia untuk menjadikan negara itu sebagai pintu masuk bagi produk dan komoditi Indonesia ke pasar Uni Eropa.

Terkait hal itu, Retno juga  menyampaikan undangan kepada pebisnis Kroasia untuk ikut serta dalam Trade Expo Indonesia 2017 yang akan diadakan di BSD City pada 10-15 Oktober 2017.

Seperti diketahui, Kroasia merupakan mitra dagang Indonesia terbesar ke-7 di kawasan Eropa Timur dan Tenggara. Total perdagangan kedua negara pada 2016 mencapai US$62,88 juta dengan surplus untuk Indonesia sebesar US$35,3 juta.

Selain itu, jumlah wisatawan Kroasia yang berkunjung ke Indonesia pada 2016 adalah sebanyak 2.504 orang. Sementara itu, jumlah warga negara Indonesia di Kroasia tercatat sebanyak 51 orang.

 

Tag : perdagangan
Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top