Menperin Tegaskan PMA Bukan Ancaman Ketahanan RI

PMA bukan ancaman bagi ketahanan nasional Indonesia, demikian disampaikan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 25 September 2017  |  13:52 WIB
Menperin Airlangga Hartarto - Antara/Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, JAKARTA - Penanaman modal asing (PMA) bukan ancaman bagi ketahanan nasional Indonesia, demikian disampaikan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

"Kalau kita bicara industri, investasi itu ditanam di Tanah Air, yang dipekerjakan itu tenaga kerja dari Indonesia dan yang namanya investasi itu tidak bisa dibawa pulang," kata Airlangga di Jakarta pada Senin (25/9/2017).

Airlangga menyampaikan hal itu usai menghadiri Seminar Nasional bertajuk Analisis Ancaman (Threat Assesment) dalam Kehidupan Nasional Nasional Indonesia Perspektif Ketahanan Nasional (Fokus Aspek Ekonomi, Sektor Riil, Sektor Fiskal dan Moneter.

Dia menuturkan investasi asing di Indonesia justru memberi efek berganda di antaranya membangun nilai tambah dan menggerakkan perekonomian nasional.

"Salah satunya kalau kita bicara Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dari kegiatan industri. Dari mulai bahan baku sampai proses, dari hulu, industri tengah ke hilir itu kan PPN jalan terus," ungkap Menperin.

Pajak yang berbasis industri manufaktur itu, lanjutnya, bersifat transparan, sehingga tidak ada perusahaan yang bisa bermain-main dengan kebijakan fiskal.

Hingga Juni 2017, nilai PMA sektor industri mencapai US$7,06 miliar dan penanaman modal dalam negeri (PMDN) sebesar Rp52,11 triliun. Angka tersebut meliputi 8.421 proyek tersebar di seluruh Indonesia.

Sumber : Antara

Tag : investasi
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top