TRANSPORT MINISTER MEETING: 39 Negara Siap Hadir

Indonesia menjadi tuan rumah acara Asia-Europe Meeting Transport Minister Meeting (ASEM - TMM) yang dilaksanakan di Bali, Selasa-Kamis (26-28/9/2017).nn
Abdul Rahman
Abdul Rahman - Bisnis.com 25 September 2017  |  17:37 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi - ANTARA/Wahyu Putro A

Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia menjadi tuan rumah acara Asia-Europe Meeting Transport Minister Meeting (ASEM - TMM) yang dilaksanakan di Bali, Selasa-Kamis (26-28/9/2017).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, sebanyak 39 negara Asia dan Eropa telah mengonfirmasi kehadirannya dari total 51 negara yang diundang.

"Dari negara-negara yang confirm hadir ada 18 negara yang dihadiri langsung oleh menteri transportasinya," katanya dalam media briefing di Jakarta, Senin (25/9/2017).

Selain itu, dua organisasi internasional juga ikut hadir yakni European Commisioner for Mobility and Transport dan ASEAN Deputy Secretary General.

Lebih lanjut, Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan kepada Budi Karya agar acara tingkat internasional ini dapat digunakan sebagai ajang untuk memperkenalkan dan mempromosikan potensi yang dimiliki Indonesia.

"Ini adalah upaya Indonesia untuk menarik minat investor sehingga investasi di Indonesia semakin baik dan inflasi rendah. Saya berinisiatif menjadikan ini bukan hanya pertemuan tetapi sebagai business meeting," imbuhnya.

Manfaat lain dari penyelenggaraan ASEM - TMM ini, katanya, adalah kontribusi bagi perekonomian khususnya masyarakat di Bali dari sektor pariwisata.

Indonesia merupakan tuan rumah ke-4 sejak pertemuan ini pertama kali digelar pada 2009 di Vilnius, Lithuania.

Dua tahun setelahnya, kota Chengdu di China dipercaya sebagai host. Sedangkan Riga, Latvia ditunjuk sebagai tuan rumah pada 2015.

Topik utama pada pertemuan tahun ini adalah tentang transportasi modern dan transportasi perkotaan yang berkonsep ramah lingkungan.

Tag : kemenhub
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top