Jokowi Harapkan Proyek Infrastruktur Dibangun Melalui Konsorsium

Presiden Joko Widodo (Kokowi) berharap pembangunan proyek infrastruktur di Indonesia bisa diwujudkan melalui kerja sama gabungan baik pemerintah pusat, daerah, BUMN, hingga pihak swasta.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 26 September 2017  |  06:06 WIB
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Menteri PUPR Rakyat Basuki Hadimuljono (kiri) mendengarkan pemaparan proyek jalan tol Semarang-Solo saat peresmian jalan tol Semarang-Solo seksi III Bawen-Salatiga di Gerbang Tol Salatiga, Jawa Tengah, Senin (25/9). - ANTARA/Aloysius Jarot Nugroho

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Kokowi) berharap pembangunan proyek infrastruktur di Indonesia bisa diwujudkan melalui kerja sama gabungan baik pemerintah pusat, daerah, BUMN, hingga pihak swasta.

Kepala Negara mengapresiasi pihak-pihak terkait yang telah membantu pemerintah mewujudkan proyek infrastruktur Ruas Tol Bawen-Salatiga, di antaranya PT Jasa Marga (Persero) Tbk., PT Astra Infra, dan PT Sarana Pembangunan Jawa Tengah.

"Di mana-mana kita harapkan seperti itu [kerja sama]. Gabungan pemerintah daerah, pemerintah pusat, BUMN, swasta, semuanya gabung," kata Presiden dalam siaran pers, Senin (25/9/2017).

Terlebih, lanjutnya, pemerintah juga menargetkan sejumlah proyek infrastruktur di Tanah Air rampung pada akhir 2018.

"Kita perkirakan insyaallah nanti untuk jalan Tol Transjawa yang sudah bertahun-tahun, di sini jalan, di sini berhenti, kita harapkan 2018 akhir itu dari Jakarta sudah akan tembus sampai Surabaya sampai Probolinggo," ujar Presiden.

Adapun, untuk ruas tol dari ujung Barat Banten sampai Banyuwangi ditargetkan akan terhubung pada 2019.

Target-target tersebut terus dikejar oleh pemerintah mengingat pentingnya pembangunan infrastruktur guna berkompetisi dengan negara lain. Selain itu, pembangunan infrastruktur juga bertujuan untuk mempercepat mobilitas orang dan barang serta menurunkan harga komoditas di Tanah Air.

Oleh sebab itu, Presiden meminta seluruh jajarannya untuk terus berinovasi guna mewujudkan target program infrastruktur pemerintah. Utamanya di bidang pembiayaan, seperti dalam mencari equity, modal kerja, hingga modal investasi.

Turut hadir mendampingi Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo dalam acara tersebut Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Agraria danTata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil, serta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

 

Tag : infrastruktur
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top