Danpac Pharma Bangun Pabrik Dalam Negeri

PT Danpac Pharma, produsen alat uji kehamilan Sensitif, sedang membangun pabrik alat kesehatan di dalam negeri yang diperkirakan rampung pada 2019.
Annisa Sulistyo Rini
Annisa Sulistyo Rini - Bisnis.com 28 September 2017  |  17:46 WIB
Sensitif, salah satu produk Danpac Pharma. - JIBI

Bisnis.com, JAKARTA—PT Danpac Pharma, produsen alat uji kehamilan Sensitif, sedang membangun pabrik alat kesehatan di dalam negeri yang diperkirakan rampung pada 2019.

Yoevan Wiraatmadja, Presiden Direktur Danpac Pharma, mengatakan sejak berdiri pada 2004, perusahaan ini mengimpor seluruh produknya dari berbagai negara, terutama Inggris, India, China, dan Korea Selatan. Namun, karena proses impor semakin sulit, Danpac memutuskan untuk mendirikan pabrik yang akan memproduksi berbagai macam alat kesehatan di dalam negeri.

“Dalam 1 tahun hingga 2 tahun ke depan, kemungkinan akan mulai beroperasi. Secara fisik, pabriknya sudah selesai, tetapi kami masih memproses izin industri di Kemenkes,” ujarnya kepada Bisnis.com, Kamis (28/9/2017).

Selain mengurus izin ke Kemenkes, perseroan juga harus mengurus izin di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) karena menggandeng perusahaan Singapura, yaitu Steril Medical Singapore, dalam mendirikan pabrik alat kesehatan tersebut.

Terkait dengan nilai investasi, Yoevan belum bersedia menyebutkan karena saat ini penghitungan nilai belum final. Kendati demikian, dia menyatakan Danpac menanamkan modal lebih besar dibandingkan dengan Steril Medical Singapore. 

Lebih jauh, Yoevan menuturkan dengan membangun pabrik sendiri, perseroan lebih mudah dalam mengembangkan produk sesuai dengan kebutuhan pasar. Selama ini, Danpac hanya membeli produk yang telah ada dan memasarkan dengan merek milik sendiri.

Pabrik alat kesehatan tersebut nantinya akan memproduksi seluruh produksi Danpac yang terdiri dari alat uji kehamilan, alat tes kesuburan, alat kontrasepsi, dan alat kesehatan lainnya. Hasil produksi diutamakan untuk pasar dalam negeri dan tidak menutup kemungkinan sebagian akan diekspor.

“Lokasinya di Agung Sedayu Bizpark, Daan Mogot. Lokasi ini kami pilih karena gudang dan kantor kami ada di sana. Karena Jakarta macet, kami ingin terpusat di satu area saja,” ujarnya.

Saat ini Danpac memiliki lebih dari 30 kantor cabang di seluruh Indonesia yang memasarkan produk perusahaan, yaitu Sensitif, Akurat, Ovutest, Jitu, Sensitif VIVO, dan Narcotest. Sebelumnya, Danpac juga memasarkan obat-obatan, tetapi saat ini bisnis tersebut telah dilepas dan perseroan memilih fokus pada bisnis alat kesehatan.

 

Tag : Danpac Pharma
Editor : Ratna Ariyanti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top