Pemerintah Permudah Izin Pemanfaatan Data Migas

Pemerintah akan mempermudah izin pemanfaatan data agar 50% cekungan minyak dan gas bumi yang belum tersentuh bisa tergarap.nn
Duwi Setiya Ariyanti
Duwi Setiya Ariyanti - Bisnis.com 28 September 2017  |  05:45 WIB
Ilustrasi - Antara/Pertamina

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah akan mempermudah izin pemanfaatan data agar 50% cekungan minyak dan gas bumi yang belum tersentuh bisa tergarap.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Ego Syahrial mengatakan dari 128 cekungan yang ada, hanya 50% yang sudah tersentuh. Dari cekungan yang sudah dijamah, hanya 20 cekungan yang berproduksi. Oleh karena itu, dia menyebut perlu terobosan untuk meningkatkan kegiatan eksplorasi.

"Secara over all, dari 128, ada lebih dari 50%  atau sekitar 71 cekungan yang belum pernah tersentuh yang kebetulan terletak di Indonesia timur," ujarnya dalam acara Pertambangan dan Energi Expo di Hotel JW Marriott, Rabu (27/9/2017).

Menurutnya, kompleksnya izin untuk memperoleh data, menjadi penyebab masih banyaknya cekungan migas yang belum bisa dimanfaatkan sumber dayanya. Indonesia, menurutnya, perlu mempermudah izin pemanfaatan data seperti di negara tetangga dan Norwegia yang membuka akses data.

"Izin data itu kompleks. Artinya, banyak sekali saya dapat keluhan dari investor bahwa Indonesia itu ribet, sementara kaya di Norway atau di negara tetangga kita, data itu dibuka," katanya.

Tag : migas
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top