Genjot Tol Laut, Pelni Berkongsi dengan 2 BUMN

Pelni menggandeng PT Surabaya Industrial Estate Rungkut di bidang pengembangan logistik. Pelni juga berkongsi dengan PT Pos Indonesia dalam hal layanan angkutan pos terpadu.
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 29 September 2017  |  17:50 WIB
Kapal Tol Laut Logistik Natuna berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) meneken perjanjian kerja sama (PKS) dengan PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) di bidang pengembangan logistik. Pelni juga berkongsi dengan PT Pos Indonesia dalam hal layanan angkutan pos terpadu.

Corporate Secretary PT Pelni Didik Dwi Prasetio mengatakan 80% operasional trayek tol laut bertumpu pada Pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya, Jawa Timur. Oleh karena itu, Pelni merasa perlu menggandeng SIER untuk memperlancar arus logistik ke pulau-pulau terluar di Indonesia bagian timur.

"Ada enam trayek tol laut berangkat dari Tanjung Perak. Kami butuh mitra dalam pengembangan bisnis perusahaan," ungkapnya melalui siaran pers yang diterima Bisnis.com pada Jumat (29/9/2017).

Pelni juga bekerja sama dengan PT Pos guna memberikan layanan pengangkutan pos secara menyeluruh. Sebelumnya, Pelni telah bekerja sama dengan PT Pos dalam pengangkutan benda-benda pos di seluruh kapal Pelni.

Adapun beberapa kerja sama yang akan diimplementasikan dalam waktu dekat antara lain layanan pelayanan angkutan pos terintegrasi dengan sisitem IT yang sedang dibangun Pelni.

Didik mengatakan kerja sama Pelni dengan SIER dan PT Pos merupakan wujud dari sinergi dan komitmen perseroan dalam memberikan layanan prima di semua segmen.

Selain melayani segmen penumpang dengan armada 26 kapal, Pelni juga terjun ke bisnis angkutan barang dengan mengerahkan sembilan kapal.

Tag : pelni, Tol Laut
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top