Kalbe Dorong Ekspor Hydro Coco

PT Kalbe Farma Tbk. gencar memasarkan produk minum air kelapa dalam kemasan Hydro Coco ke pasar ekspor. Tahun ini, perseroan menargetkan volume ekspor dapat naik dua kali lipat.
Annisa Sulistyo Rini
Annisa Sulistyo Rini - Bisnis.com 30 September 2017  |  08:00 WIB

Bisnis.com, JAKARTA--PT Kalbe Farma Tbk. gencar memasarkan produk minum air kelapa dalam kemasan Hydro Coco ke pasar ekspor. Tahun ini, perseroan menargetkan volume ekspor dapat naik dua kali lipat.

Arwin N. Hutasoit, Head of Marketing Kalbe Beverages, mengatakan saat ini volume Hydro Coco yang diekspor sekitar 5% dari keseluruhan. Sepanjang tahun lalu penjualan Hydro Coco berada di kisaran 50 juta kemasan.

"Kami terus genjot ekspor karena di luar market sudah 2-3 step di depan kami, seperti di Amerika Serikat dan Eropa. Di sisi lain, source mereka tidak ada, sehingga ambilnya juga dari Indonesia," ujarnya di Jakarta, Jumat (29/9/2017).

Pada tahun ini, Kalbe menargetkan porsi volume ekspor dapat ditingkatkan menjadi 10%, sisanya disumbang oleh pasar domestik.

Saat ini, Kalbe telah mengekspor produk mereka ke negara kawasan Timur Tengah, Hongkong, China, Korea Selatan, dan Jepang. Arwin menuturkan untuk lebih mengenalkan Hydro Coco di pasar internasional, perusahaan juga aktif ikut serta dalam pameran bertaraf global.

Di beberapa negara, Kalbe telah mendirikan kantor perwakilan. Selain itu, perseroan juga bekerjasama dengan perusahaan asing untuk memasarkan produk air kelapa dalam kemasan ini.

Adapun, terkait dengan target pertumbuhan penjualan, Arwin menyebutkan pihaknya membidik peningkatan sebesar dua digit. "Sekitar 55 juta kemasan hingga 60 juta kemasan," katanya.

Untuk pasar dalam negeri, Hydro Coco menjadi pemain utama di produk minuman air kelapa dalam kemasan, sedangkan untuk pasar minimarket dalam negeri kategori isotonik, produk ini juga masuk dalam 3 besar.

Arwin menyatakan Hydro Coco terbuat dari kelapa asli tanpa bahan pengawet, pemanis buatan, dan pewarna sintetis. Produk ini diklaim aman untuk dikonsumsi setiap hari.

Selain Hydro Coco, Kalbe juga memiliki produk dari divisi minuman kesehatan lainnya, yaitu Extra Joss dan Nitros. Sumbangan bisnis air kelapa dalam kemasan saat ini belum terlalu besar, tetapi dari segi pertumbuhan, Arwin menyebutkan penjualan Hdyro Coco menjadi salah satu yang terbesar.

Adapun, Hydro Coco terutama menyasar kalangan usia produktif di rentang 25 tahun hingga 35 tahun.

Tag : kalbe farma
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top