11 Produk Kreatif Berbahan Bambu Go International

Sebelas produk kreatif berbahan bambu dari olah kreatif perancang Indonesia bakal dipamerkan di Chiang Mai Design Week, Thailand, 6-10 Desember 2017.
Ema Sukarelawanto
Ema Sukarelawanto - Bisnis.com 03 Desember 2017  |  16:27 WIB
Sepeda bambu

Bisnis.com, DENPASAR—Sebelas produk kreatif berbahan bambu dari olah kreatif perancang Indonesia bakal dipamerkan di Chiang Mai Design Week, Thailand, 6-10 Desember 2017.

Kurator Arif ‘Ayip’ Budiman mengatakan melalui program ‘Transforming Tradition’ mengajak seniman, perajin, desainer, dan mahasiswa untuk berkolaborasi mengeksplorasi gagasan baru dengan jalan mentransformasi aspek tradisi menjadi obyek atau produk baru.

“Program ini telah melahirkan perpaduan kelampauan dan kekinian baik dalam bentuk, teknik, fungsi, dan konteks baru, serta rekomendasi untuk metode produksi yang lebih berkesadaran serta berkelanjutan,” katanya, Minggu (3/12/2017).

Menurut Ayip melalui Rumah Sanur Creative Hub yang ia kelola produk dari program ini mendapatkan kesempatan mengikuti pameran di Chiang Mai melalui proyek bertajuk Bambooina yang berfokus pada bambu sebagai bahan tradisional.

Ayip berharap melalui pameran ini bisa mewacanakan sekaligus mempromosikan ‘Transforming Tradition’ sebagai sebuah sarana yang memampukan setiap budaya dan masyarakat untuk terus berkembang berdasarkan akar, sumber daya lokal yang unik, sejarah, dan referensi mereka sendiri.

Bambooina yang bermakna sebagai ‘desain kontemporer produk bambu Indonesia’ telah memilih 11 brand yang mewakili karya desainer Indonesia yang bergiat mengolah bambu menjadi aneka produk fungsional dengan desain yang mewakili gaya dan kepraktisan penggunaan dalam kehidupan manusia modern.

Kesebelas brand itu adalah biola bambu (karya Andar Bagus Sriwarno), Spedagi (sepeda bambu karya
Singgih S. Kartono), Mohoi (peralatan makan-minum karya Handhyanto Hardian dan masyarakat Belu, NTT), Mohoi (speaker dan lampu rancangan Rosyid Akhmadi), dan Taskuni (tas karya Adhi Nugraha & Paivi Punamaki).

Selain itu ada Fasa (kursi, lampu dan aksesori), Navetta Design (peralatan makan karya Adhi Nugraha), Amygdala (tas karya Harry Anugrah Mawardi dan Firman Mutaqin), Alur Bamboo (lampu dengan aksesori karya Arif Rachman), Amuraka (tas karya Rico Doni Sagita), serta Tung (bluetoth speaker rancangan Rizky Faesal.

Bambooina merupakan kolaborasi Rumah Sanur Creative Hub dengan Adhi Nugraha yang dipersiapkan mengikuti Chiang Mai Design Week 2017. Acara ini diselenggarakan Thai Creative & Design Center Chiang Mai yang telah membangun kemitraan sejak 2015 dengan Rumah Sanur Creative Hub.

Ayip menyebut Chiang Mai Design Week merupakan sebuah perayaan kreativitas dan desain penting di Asia yang mendorong pengelolaan dan pengembangan produk lokal memiliki nilai berkelanjutan.

Program Bambooina didukung Thai Airways dalam upaya diplomasi kebudayaan untuk menjembatani dialog kreativitas Indonesia-Thailand dan mengembangkan kolaborasi antar negara yang penting untuk mengedepankan identitas budaya dalam konteks regional.

Tag : produk kreatif, bambu
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top