2018, Kemenpar Targetkan Wisman Perbatasan 3,57 Juta

Kementerian Pariwisata menargetkan wisatawan mancanegara sebanyak 3,57 juta dari wilayah perbatasan pada 2018
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 07 Desember 2017  |  16:55 WIB
. - .

Bisnis.com, JAKARTA-- Kementerian Pariwisata menargetkan wisatawan mancanegara sebanyak 3,57 juta dari wilayah perbatasan pada 2018.

Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara (Deputi BP3M) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) I Gde Pitana mengatakan Indonesia diuntungkan dengan posisi sejumlah daerah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga.

"Indonesia berbatasan darat dengan Malaysia, Timor Leste, dan Papua Nugini. Ada juga berbatasan laut dengan India, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Philipinnes, Republik Palau, Australia, Timor Leste, dan Papua Nugini," ucapnya, mengutip keterangan resminya, Kamis (7/12/2017).

Jika dilihat dari segi geografi, Indonesia mempunyai potensi besar dalam menarik kunjungan wisman cross border melalui program Wisata Perbatasan.

“Wisman perbatasan dapat diperoleh dengan relatif mudah dan cepat dan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap total kunjungan wisman serta manfaat lainnya khususnya mempercepat kemajuan daerah lintas batas," tuturnya.

Untuk mencapai target wisman dari wilayah perbatasan sebanyak 3,57 juta pada tahun depan, Kemenpar menyiapkan calender of event 2018 yang terdiri dari 220 agenda yang akan digelar di 31 area tersebar di 8 wilayah.

"Artinya, ada penambahan 6 event dan 2 area baru,” tambahnya.

Adapun, realisasi kunjungan wisman dari wilayah perbatasan sepanjang Januari-Oktober 2017 mencapai 2,83 juta. Angka tersebut sudah terealisasi hingga 90,17% dari target tahun ini sebanyak 3,14 juta. 

Tag : wisman
Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top