MediaTek dan Qualcomm Akan Dukung Google Android Oreo Go

MediaTek dan Qualcomm menjalin kemitraan dengan Google untuk mendukung Android Oreo Go.
Agne Yasa | 09 Desember 2017 22:38 WIB
MediaTek - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - MediaTek dan Qualcomm menjalin kemitraan dengan Google untuk mendukung Android Oreo Go.

Dilansir dari phonearena, Sabut (9/12/2017), MediaTek, produsen SoC (System-on-Chip) di dunia untuk smartphone, menjalin kemitraan baru dengan Google. Di bawah kemitraan ini, MediaTek secara resmi mendukung Android Oreo Go.

Android Oreo Go merupakan pengalaman perangkat lunak baru yang diluncurkan oleh Google pekan ini, dan disesuaikan dengan perangkat mobile entry level yang terjangkau yang memiliki RAM 1 GB atau kurang.

MediaTek telah bekerja sama dengan Google untuk mengoptimalkan beberapa chipsetnya untuk Android Oreo Go, sehingga memungkinkan produsen ponsel untuk dengan mudah menawarkan pengalaman Android berkualitas tinggi dengan perangkat yang murah namun aman.

Beberapa chipset MediaTek yang siap untuk Android Oreo Go menyertakan MT6739, MT6737, dan MT6580 entry level, semua ini memiliki prosesor quad-core, dan dapat dilihat sebagai alternatif dari seri Snapdragon 2xx Qualcomm.

Menurut MediaTek, smartphone Android Oreo Go pertama yang didukung oleh chipsetnya akan diluncurkan di seluruh dunia mulai kuartal pertama 2018. Sebagian besar handset ini akan tersedia di pasar seperti India, Asia Tenggara, Timur Tengah & Afrika, dan Amerika Latin.

Sebelumnya, Qualcomm juga mengonfirmasi bahwa pihaknya akan mendukung Google Oreo Android Go yang baru diluncurkan.

Android Oreo Go edition adalah versi yang diperlunak dari sistem operasi Android Oreo standar, yang secara khusus dioptimalkan untuk smartphone yang mendukung RAM 1GB atau kurang.

Menurut Qualcomm, chipset Snapdragon mid dan low-end akan siap menjadi Android Go segera setelah Google merilis Android 8.1 Oreo ke Android Open Source Project (AOSP).

Selanjutnya, perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat ini mengatakan bahwa saat dipasangkan dengan chip Snapdragon-nya, handset yang didukung oleh Android Oreo Go akan mendapatkan keuntungan dari pengalaman baru yang belum pernah terlihat sebelumnya dari ponsel cerdas dalam rentang ini.

Qualcomm adalah produsen chip pertama yang menjanjikan kemitraan pada proyek Android Oreo Go. Melalui kemitraan dengan Qualcomm dan MediaTek, Google memastikan akan bisa memasang Android Oreo Go di banyak smartphone entry level mendatang tahun depan.

Tag : android
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top