Pelindo Investama Incar Dana Kelolaan Rp21 Triliun

PT Pelabuhan Indonesia Investama (PII), anak usaha PT Pelabuhan Indonesia II (Persero), membidik dana kelolaan sebanyak Rp21 triliun dalam 5 tahun mendatang.
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 11 Desember 2017  |  13:34 WIB
Direktur Utama PT Pelindo II Elvyn G. Masassya - Antara/Wahyu Putro

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia Investama (PII), anak usaha PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau Indonesia Port Corporation (IPC), membidik dana kelolaan sebanyak Rp21 triliun dalam 5 tahun mendatang.

Direktur Utama IPC Elvyn G. Massasya mengatakan saat ini PII sudah mengelola dana sebesar Rp1,5 triliun.

Dia menekankan dana yang dikelola bukan dari publik, tetapi dana internal berupa pinjaman pemegang saham. Ke depan, PII bakal menggalang dana lewat beragam jalur, mulai dari pinjaman perbankan hingga penerbitan surat utang.

Untuk diketahui, PII merupakan anak usaha IPC ke-17 yang didirikan tahun ini dengan modal disetor mencapai Rp200 miliar. Adapun modal dasar mencapai Rp1 triliun. Saham PII dimiliki IPC sebanyak 99% dan 1% dipegang oleh PT Multi Terminal Indonesia, yang juga anak usaha IPC.

Menurut Elvyn, PII akan menjadi kendaraan perseroan untuk pengembangan bisnis secara anorganik atau pertumbuhan bisnis lewat anak usaha dan entitas asosiasi.

"Dari sisi investasi, PII akan masuk ke sektor kepelabuhan, pembangunan pelabuhan atau sinergi di sektor logistik," jelasnya di Jakarta pada Senin (11/12/2017).

Elvyn mengungkapkan PII kini membidik penyertaan modal ke sejumlah perusahaan dengan porsi minoritas. PII tengah dalam proses kajian dan sudah mengantongi 10 perusahaan yang menjadi target akuisisi. Perusahaan itu berasal dari berbagai jenis usaha, mulai dari pergudangan hingga transportasi.

Tag : pelindo ii, pelindo ii
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top