Cuaca Buruk, 3 Pesawat Mendarat Darurat di Balikpapan

Akibat cuaca buruk, tiga pesawat yang mengangkut puluhan penumpang tujuan Bandara Sultan Hasanudin Makassar mesti dialihkan ke Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Balikpapan, Minggu (11/12) malam.
Fariz Fadillah | 11 Desember 2017 14:22 WIB

Bisnis.com, BALIKPAPAN- Akibat cuaca buruk, tiga pesawat yang mengangkut puluhan penumpang tujuan Bandara Sultan Hasanudin Makassar mesti dialihkan ke Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Balikpapan, Minggu (11/12) malam.

“Benar, karena bad weather di UPG (Makassar). Tujuan Makassar tapi dialihkan ke Balikpapan,” ujar Communication and Legal Section Head PT Angkasa Pura I Rio Hendarto kepada Bisnis, pagi tadi.

Pesawat yang divert atau dialihkan ke Balikpapan karena cuaca buruk milik maspakai Lion Air JT250 dari Bandung yang mendarat pukul 20.52 Wita di parking stand 3.

Kemudian, masakapai Batik Air ID6183 dari Jayapura mendarat pukul di parking stand 6 sekira pukul 20.50 Wita, dan ID6231 dari Palu yang mendarat pukul 20.55 Wita di parking stand 8.

Sampai menunggu cuaca membaik, para penumpang tetap berada di dalam pesawat sambil menunggu informasi cuaca kembali normal di Makassar untuk melanjutkan penerbangan.

“Pengalihannya tidak begitu lama, 30-60 menit ,” ujar Rio.

Pantauan media ini, akibat cuaca buruk hal serupa juga terjadi pada awal pekan Desember ini di Bandara SAMS Balikpapan.
Demi keamanan penerbangan, pesawat kemudian juga dialihkan ke bandara lain.

Masing-masing Rabu (29/11) milik maskapai Garuda Indonesia GA 576 dari Jakarta yang harus dialihkan ke Makassar.
Dan Jumat (1/12) Lion Air dari Surabaya dengan nomor penerbangan JT 366 yang juga harus dialihkan ke Makassar.

Rio mengatakan, khusus untuk penerbangan dari Bandara SAMS cenderung normal tidak ada penundaan (delay) maupun pembatalan.

Satu-satunya penerbangan yang sempat dibatalkan yakni tujuan Denpasar, menyusul ditutupnya Bandara International Ngurah Rai akibat meletusnya Gunung Agung.

 

Tag : Cuaca Penerbangan
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top