KADIN SUMUT: Pemprov dan Pengusaha Bersinergi, UKM Bangkit

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumatera Utara (Sumut) Ivan Iskandar Batubara mengatakan pemerintah provinsi harus bersinergi dengan pengusaha untuk mengembangkan usaha kecil dan menengah (UKM)
Lingga Sukatma Wiangga | 14 Desember 2017 16:37 WIB
Perajin gitar, Raka Shidiq (33) memperlihatkan gitar tipis karyanya yang diberi label Anymo Essential Guitar, di Bandung, Jawa Barat, Rabu (4/10). - ANTARA/Agus Bebeng

Bisnis.com, JAKARTA — Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumatera Utara (Sumut) Ivan Iskandar Batubara mengatakan pemerintah provinsi harus bersinergi dengan pengusaha untuk mengembangkan usaha kecil dan menengah (UKM).

Menurutnya, dalam hal ini sinergi antara pemerintah dengan kalangan pengusaha harus tercipta. Sehingga, pengembangan sektor usaha kecil dan menengah dapat menjadi modal pembangunan ekonomi nasional.

Ivan mengatakan, hal itu bukan tanpa alasan. Sebabnya UKM bukan sekadar kekuatan perekonomian di provinsi tersebut. Sumatera Utara, kata dia, juga memiliki sumber daya alam berlimpah sebagai penunjang kemajuan UKM.

Di sisi lain, kendati potensinya menjanjikan, pengembangan UKM saat ini masih terbentur beragam masalah. Dia mencontohkan, diantaranya akses permodalan, distribusi produk hingga legalitas usaha.

“Padahal, beragam produk yang dihasilkan UKM sangat menjanjikan. UKM dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyediaan lapangan kerja baru, namun biasanya kendalanya ada dalam dana dan pemasaran. Kami di Kadin siap merangkul pengusaha kecil untuk tumbuh," ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (14/12).

Akan tetapi, menurutnya untuk merangkul UKM pihaknya menemui kesulitan tanpa adanya sinergitas dengan pemerintah provinsi Sumatera Utara. Dia menyebut, khususnya terkait kemudahan UKM dalam mengurus berbagai persyaratan administrasi legalitas izin usaha ataupun pemasaran.

Padahal jika semuanya dapat bersinergi, nantinya UKM dapat memperluas produk pemasarannya tidak hanya sebatas di dalam negeri, tetapi pasar mancanegara.

"Kerjasama ini pernah dilakukan bersama Japan Externa Trade Organization (Jetro), dengan ini membuka peluang para pengusaha untuk membuka peluang baru melalui situs Trade Tie-Up Promotion Porgram (TTPP)," ujarnya.

Tag : ukm
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top