Target Swasembada Daging Sapi: Pemda Didorong Kerjasama dengan Perbankan

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mendorong pemerintah daerah berperan aktif bersinergi dengan perbankan dan investor untuk mengakselerasi pengembangan peternakan sapi guna mencapai swasembada daging sapi.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 14 Desember 2017  |  15:45 WIB
Ilustrasi - Bisnis Deliana Pradhita Sari

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pertanian Amran Sulaiman mendorong pemerintah daerah berperan aktif bersinergi dengan perbankan dan investor untuk mengakselerasi pengembangan peternakan sapi guna mencapai swasembada daging sapi.

Hal ini disampaikan dalam pertemuan Bupati/Walikota dengan perbankan yang difasilitasi Kementerian Pertanian pada Kamis (14/12), melalui keterangan resminya.

Amran mengatakan usaha peternakan sapi membutuhkan jangka waktu usaha yang panjang dan pembiayaan yang lebih besar. Untuk itu dibutuhkan peran swasta sebagai investor yang berperan sebagai avalis maupun off-taker melalui kemitraan dengan para peternak.

Langkah ini perlu didorong mengingat sebagian besar peternak sapi adalah peternak kecil dengan skala usaha 2-3 ekor. Sehingga harus didorong untuk dapat menciptakan korporasi peternak yang berorientasi bisnis dalam pengembangan usahanya.

Amran berharap kepala daerah dapat berperan dalam penyediaan infrastruktur, lahan, dan kemudahan perijinan usaha. Serta, mendorong pihak swasta sebagai investor untuk menanamkan investasinya dalam pengembangan usaha peternakan sapi.

"Harapannya perbankan dan asuransi memberi perhatian khusus bagi sektor peternakan," kata dia.

Tag : daging sapi
Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top