Garuda Buka Rute Baru dari Makassar

Garuda Indonesia membuka beberapa rute baru penerbangan langsung dari Makassar untuk mendukung pengembangan sektor pariwisata di Kawasan Timur Indonesia.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 15 Desember 2017  |  13:39 WIB
Pesawat Garuda Indonesia dan Lion Air, di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan Minggu (11/6). - JIBI/Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, MAKASSAR -  Garuda Indonesia membuka beberapa rute baru penerbangan langsung dari Makassar untuk mendukung pengembangan sektor pariwisata di Kawasan Timur Indonesia.

"Kami menambah rute penerbangan langsung Garuda Indonesia dari Makassar ke wilayah Indonesia Bagian Barat dan Indonesia Bagian Tengah, diantaranya Medan dan Kupang," kata Wakil Presiden Koordinator Domestik Sales dan Distribusi Hari Agung Saputra pada peluncuran rute-rute baru tersebut di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (15/12/2017).

Garuda Indonesia, kata dia, juga memperkuat konektivitas di wilayah intra Sulawesi dengan adanya penerbangan rute Makassar- Palopo, Luwuk-Palu, Kendari-Wakatobi yang dapat diakses dari Makassar dan penambahan frekuensi Makassar-Raha yang juga beroperasi pada Desember 2017.

Beberapa rute baru yang terbang perdana pada bulan Desember tersebut di antaranya rute Makassar-Kupang yang efektif mulai 16 Desember 2017 dengan jadwal penerbangan 4 kali seminggu pada Senin, Selasa, Kamis dan Sabtu.

Rute Makassar-Palopo efektif mulai 18 Desember 2017 dengan jadwal penerbangan 3 kali seminggu pada Senin, Rabu, Jumat.

Selain itu rute Luwuk-Palu yang efektif mulai 19 Desember 2017 dengan jadwal penerbangan 3 kali seminggu pada hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Lalu rute Makassar-Medan yang mulai efektif 20 Desember 2017 dengan jadwal penerbangan setiap hari.

Selanjutnya juga dilakukan penambahan frekuensi Makassar-Raha menjadi 4 kali seminggu efektif 18 Desember 2017 dengan jadwal penerbangan pada Senin, Rabu, Jumat dan Minggu.

Rute Kendari-Wakatobi yang juga akan terbang perdana pada Desember 2017 dengan jadwal penerbangan 4 kali seminggu pada Selasa, Kamis, Sabtu dan Minggu dan sudah terhubung dari Makassar dan Jakarta.

Keenam rute tersebut, kata dia, diterbangi oleh pesawat CRJ Bombadier 1.000 Next Gen dan pesawat ATR72-600. Adapun rute yang diterbangi oleh armada CRJ Bombadier 1000 Next Gen di antaranya Makassar=Kupang dan Makassar-Medan.

"Pesawat CRJ merupakan pesawat jet yang memiliki kapasitas 96 penumpang," katanya.

Sementara rute yang diterbangi dengan armada ATR72-600 di antaranya Makassar-Palopo, Kendari-Wakatobi, Luwuk-Palu dan penambahan rute Makassar-Raha.

Berbeda dengan pesawat CRJ, lanjutnya, pesawat ATR72-600 memiliki kapasitas tempat duduk yang lebih sedikit, yaitu 70 penumpang jelasnya.

"Dengan adanya penambahan rute baru ini, diharapkan dapat membantu percepatan pengembangan Destinasi Pariwisata di wilayah Indonesia Timur sesuai dengan Program Nawacita Presiden Republik Indonesia," katanya.

Sementara Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo yang meluncurkan rute baru tersebut mengapresiasi pembukaan rute baru ini.

"Terima kasih, semoga Garuda Indonesia semakin hebat," kata Syahrul.

Peluncuran rute baru ini dirangkaikan dengan "Table Top" Garuda Indonesia Explore. Turut hadir Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu'mang, dan perwakilan Pemerintah Daerah diantaranya Kabupaten Wakatobi, Muna dan Banggai.

Sumber : ANTARA

Tag : garuda indonesia
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top