Natal dan Tahun Baru: Citilink Indonesia Tambah 280 Penerbangan ke 7 Rute Berikut

Maskapai berbiaya murah (LCC) Citilink Indonesia menyiapkan sedikitnya 280 penerbangan tambahan ke tujuh rute terpadat selama peak season liburan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.
Ropesta Sitorus
Ropesta Sitorus - Bisnis.com 16 Desember 2017  |  09:59 WIB
Pesawat Citilink bersiap lepas landas dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat, Selasa (5/9). - JIBI/Rachman

Bisnis.com, JAKARTA - Maskapai berbiaya murah (LCC) Citilink Indonesia menyiapkan sedikitnya 280 penerbangan tambahan ke tujuh rute terpadat selama peak season liburan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

Penambahan tersebut setara dengan 50.400 kursi tambahan, naik 20% dibandingkan dengan tahun sebelumnya sebanyak 41.760 kursi tambahan.

“Peningkatan jumlah tersebut merupakan antisipasi manajemen Citilink Indonesia untuk menghadapi lonjakan penumpang di peak season ini yang akan berlangsung 21 Desember 2017 hingga 3 Januari 2018,” kata Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo lewat keterangan resmi, Sabtu (16/12/2017).

Selama periode libur Natal dan Tahun Baru kali ini, Citilink Indonesia akan terbang 264 kali setiap harinya (naik 8,2%) dibandingkan dengan hari biasa sebanyak 244 penerbangan.

Adapun, bebeberapa rute padat yang akan mengalami peningkatan frekuensi penerbangan adalah Malang, Denpasar, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, dan penerbangan ke Silangit, Sumatera Utara.

Rute Jakarta – Malang (pp) yang biasanya terbang empat kali sehari, akan bertambah dua kali penerbangan menjadi enam penerbangan sehari. Untuk rute Jakarta– Solo (pp) dari lima penerbangan akan menjadi delapan penerbangan sehari (tambah tiga penerbangan).

Sementara untuk rute Jakarta – Denpasar (pp) yang biasanya terbang 12 kali sehari, akan bertambah dua kali penerbangan menjadi 14 penerbangan sehari. Terakhir, untuk rute Surabaya - Denpasar (pp) yang biasanya terbang tiga kali sehari, akan bertambah satu kali penerbangan menjadi lima penerbangan sehari.

Sedangkan penerbangan ke Bandara Silangit (Danau Toba) akan ditambah satu penerbangan dari sebelumnya satu penerbangan sehari menjadi dua kali penerbangan sehari.

"Selain mempersiapkan armada pesawat, kami juga fokus menyiapkan unit pelayanan publik dan penumpang secara maksimal. Satu unit pesawat cadangan juga kami siapkan, bahkan di unit pelayanan kami lakukan cek kondisi dan menyiapkan tenaga bantuan layanan bagi penumpang," katanya.

Dia menuturkan, dengan terus menerapkan service dan maintenance kepada seluruh armada Citilink Indonesia, pesawat akan berada dalam kondisi prima dalam menyambut padatnya jadwal penerbangan pada libur Natal dan Tahun Baru 2018 mendatang.

Pihaknya juga meningkatkan pelayanan dari sisi On Time Perfomance (OTP) atau ketepatan waktu penerbangan, kemudahan dalam melakukan pemesanan dan pembelian tiket pesawat, proses check-in yang cepat dengan memanfaatkan teknologi internet, selain kepastian dalam memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan penerbangan.

Dia menghimbau penumpang datang dua jam lebih awal ke bandara serta mempersiapkan segala dokumen yang diperlukan dalam perjalanan udara untuk menghindari antrian panjang saat check in.

Citilink Indonesia menyatakan akan mengerahkan seluruh armadanya  yang terdiri dari 50 pesawat  Airbus A320, termasuk pesawat berlorong tunggal seri terbaru Airbus A320NEO.

 

Tag : citilink
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top