Pelindo III: Target Laba 2017 Terlampaui, Akhir Tahun Tetap Digenjot

Pelabuhan Indonesia III (Persero) membidik perolehan laba bersih sebesar Rp1,85 triliun pada akhir tahun ini atau tumbuh 12% dari target laba sepanjang 2017. Adapun target laba Pelindo III tahun ini diklaim sudah terlampaui sejak November 2017.
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 18 Desember 2017  |  09:40 WIB
Presiden Direktur Pelindo III Ari Askhara member kuliah umum kepada mahasiswa Universitas Udayana di Bali, Sabtu (28/10/2017). - Bisnis.com / Ni Putu Eka Wiratmini

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) membidik perolehan laba bersih sebesar Rp1,85 triliun pada akhir tahun ini atau tumbuh 12% dari target laba sepanjang 2017. Adapun target laba Pelindo III tahun ini diklaim sudah terlampaui sejak November 2017,.

Direktur Utama Pelindo III, Ari Askhara mengatakan laba bersih perseroan per November mencapai Rp1,75 triliun atau 106% dari target. Hingga Desember 2017, Pelindo III yakin laba bisa menyentuh Rp2 triliun dalam skenario terbaik sedangkan dalam skenario terburuk pun, Pelindo III optimistis bisa mendulang laba Rp1,9 triliun.

Menurut Ari, pencapaian kinerja perseroan sepanjang tahun ini bertumpu pada tiga strategi utama, yakni penyerderhanaan proses bisnis dan optimalisasi teknologi informasi. Selain itu, badan usaha milik negara (BUMN) berbasis di Surabaya itu juga gencar merambah bisnis lain di luar bisnis inti. "Strategi ketiga yang kami lakukan adalah penyediaan customer relationship officer di setiap kantor cabang," ujarnya dalam keterangan resmi yang dikutip Bisnis.com, Senin (18/12/2017).

Ari menjelaskan, perseroan kini mulai merambah bisnis di luar jasa kepelabuhan dan diharapkan segmen nonkepelabuhan bisa menyumbang laba bersih hingga 40% di tahun depan. Pelindo III misalnya melakukan ekspansi ke bisnis energi lewat cucu usaha PT Pelindo Energi Logistik. Di bisnis ini, PEL memasok gas sebanyak 32.000 Mmbtu ke pembangkit milik PT PLN (Persero) di Bali.

Pelindo III terjun ke bisnis properti setelah memulai pembangunan gedung perkantoran bernama Pelindo Place dengan merogoh kocek hingga Rp550 miliar. Gedung perkantoran setinggi 23 lantai itu yang dibangun anak usaha PT Pelindo Properti Indonesia dan diestimasi bakal rampung pada 2020.

Tag : pelindo iii
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top