Budi Karya: Daerah Harus Sidak Kelaikan Bus Angkutan Natal & Tahun Baru

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta seluruh daerah melakukan inspeksi secara mendadak atau sidak terhadap kondisi bus-bus menjelang Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.
Yudi Supriyanto | 18 Desember 2017 12:42 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah) turun dari bus saat uji coba bus rute TransJabodetabek Premium di Jakarta pada Selasa (19/9). TransJabodetabek Premium dengan rute Mega City Bekasi-Plaza Senayan itu menjadi solusi mengatasi kepadatan di ruas jalan tol dan diharapkan bisa mengurangi penggunaan kendaraan pribadi yang beralih ke angkutan umum. - Antara/Reno Esnir

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta seluruh daerah melakukan inspeksi secara mendadak atau sidak terhadap kondisi bus-bus menjelang Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

Menurut Menhub, inspeksi secara mendadak terhadap kondisi bus-bus yang beroperasi diperlukan demi keselamatan sehingga penumpang bisa merasa nyaman dan aman ketika menggunakan moda transportasi berbasis jalan raya tersebut.

Oleh karena itu, pihaknya mengapresiasi lagkah Kapolda Jawa Barat ketika melakukan inspeksi secara mendadak dan melarang tiga bus tidak laik jalan untuk beroperasi di Terminal Leuwipanjang, Bandung.

"Saya berharap ini dapat menjadi contoh bagi daerah lain untuk melakukan pengecekan kendaraan demi keselamatan bersama sehingga penumpang bisa merasa aman dan nyaman,” kata Budi dalam siaran pers, Senin (18/12/2017).

Budi menjelaskan tiga bus yang kedapatan tidak laik jalan lantaran menyalahi aturan spesifikasi teknis. Oleh karena itu, bus tersebut dapat membahayakan penumpang jika tetap boleh beroperasi.

Menurutnya, inspeksi secara mendadak yang juga dilakukan bersama dengan Dinas Perhubungan merupakan bentuk kesiapan pengamanan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. "Sidak ini dilakukan sebagai upaya keselamatan penumpang pengguna bus jelang Natal 2017 dan Tahun Baru 2018," katanya.

Tag : budi karya sumadi
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top