Kementan Jajaki Ekspor Anak Ayam ke Timor Leste

Kementerian Pertanian akan menjajaki ekspor ayam berumur satu hari (DOC) ke Timor Leste. Rencana ini mengemuka setelah Menteri Pertanian Amran Sulaiman bertemu dengan Menteri Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan Timor Leste Estanislau A da Silva di Kantor Kementerian Pertanian, Senin (18/12/2017).
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 18 Desember 2017  |  18:12 WIB
Anak ayam usia sehari (day old chick). - Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pertanian akan menjajaki ekspor ayam berumur satu hari (DOC) ke Timor Leste. Rencana ini mengemuka setelah Menteri Pertanian Amran Sulaiman bertemu dengan Menteri Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan Timor Leste Estanislau A da Silva di Kantor Kementerian Pertanian, Senin (18/12/2017).

Amran menyampaikan pertemuan ini merupakan awal dari rencana ekspor DOC, sehingga belum dapat dipastikan volume ekspor. Setelah ini, Kementerian Pertanian menunggu kedatangan delegasi Timor Leste pada Januari mendatang guna meninjau sarana peternakan unggas.

Selain ke Timor Leste, Kementerian Pertanian sebelumnya telah menjajaki ekspor DOC (day old chicken) dan DOD (day old duck) ke Malaysia. Ekspor perdana rencananya akan dilakukan pada kuartal I 2018. Kementerian Pertanian mencatat Malaysia membutuhkan sedikitnya 30.000 DOC ayam lokal per bulan dan 10.000 DOD per bulan untuk jenis bebek petelur.

“Selama ini, Timor Leste impor dari Malaysia. Ini yang akan kita garap,” katanya usai pertemuan di Jakarta.

Dalam pertemuan yang berlansung satu jam itu juga mengemuka rencana ekspor beras, jagung, dan kerjasama pembangunan irigasi di daerah perbatasan. Meski demikian, lagi-lagi belum disepakati volume ekspor dan target realisasi.

“Yang terpenting adalah amanah nawa cita membangun dari pinggiran bersama dengan negara tetangga, sehingga petani sejahtera dan pendapatan naik,” kata dia.

Tag : ayam
Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top