Pelindo II Pacu Kualitas SDM Lewat IPC Corporate University

Pelindo II melalui IPC Corporate University berkomitmen meningkatkan kompetensi SDM untuk mendukung modernisasi pelabuhan.
Akhmad Mabrori
Akhmad Mabrori - Bisnis.com 20 Desember 2017  |  17:56 WIB
Terminal kontainer Tanjung Priok di Jakarta. Pelabuhan Tanjung Priok termasuk yang dikelola PT Pelindo II. - Reuters/Darren Whiteside

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II/Indonesia Port Corporation (IPC) melalui IPC Corporate University berkomitmen meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) untuk mendukung modernisasi pelabuhan yang mampu bbersaing di tingkat global.

Untuk mendukung hal itu, selain diperlukan modernisasi peralatan dan penguasaan teknologi, juga SDM yang berkualitas.

"IPC mempunyai Corporate University atau CorpU yang terletak di Bogor, Jawa barat. Hal itu untuk meningkatkan kompetensi karyawan. Serta performance perusahaan," ujar Direktur Utama PT Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia (PMLI) Amri Yusuf pada Rabu (20/12/2007).

Mengenai branding PMLI sebagai IPC Corporate University (CorpU), menurut Amri, merupakan dua entitas yang berbeda.

PMLI adalah entitas bisnis yang fokus kegiatannya terkait dengan program-program pembelajaran, training dan konsultasi, sedangkan CorpU adalah instrumen strategis yang dimiliki sebuah entitas bisnis untuk mendesain program pembelajaran yang terkait dengan kebutuhan bisnis dan karyawan.

"Kami sedang mengajukan usul supaya CorpU di IPC ada direktorat. atau Divisi Corporate University.Divisi tersebut akan menyusun kalender akademik kebutuhan pelatihan IPC," paparnya.

Amri mengatakan ada perbedaan yang mendasar antara corporate university dan public university. "Ada perbedaan, fokusnya beda. Public university memberikan pengetahuan kepada siapa saja. Siapa saja boleh daftar ke universitas itu. Corporate university itu fokusnya untuk internal. Konsep corporate university, sedang tren, terkait dengan pengelolaan SDM," ujarnya.

Tag : pelindo ii
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top