Ini Target Penyelesaian Tol Batang-Semarang

Jalan tol Batang-Semarang merupakan salah satu bagian dari ruas tol Trans-Jawa. Bagaimana progres pembangunannya dan apakah ruas tol tersebut dapat dilalui saat Lebaran 2018?
Deandra Syarizka
Deandra Syarizka - Bisnis.com 21 Desember 2017  |  10:28 WIB
Pekerja mengerjakan pembangunan lantai kerja ('lean concrete') yang akan difungsikan sebagai jalur fungsional bagi pemudik Lebaran 2017 di ruas tol Semarang-Batang di Tulis, Batang, Jawa Tengah, Selasa (23/5). - Antara

JAKARTA — PT Jasamarga Semarang Batang optimistis dapat menyelesaikan pembangunan tol Batang—Semarang sepanjang 75 kilometer pada November 2018.

Direktur Utama PT Jasamarga Semarang Batang Saut Simatupang mengatakan bahwa sejauh ini pembebasan lahan untuk ruas tersebut telah mencapai 98%, sedangkan progres konstruksi 65%.

Pihaknya tengah mempercepat konstruksi agar tol tersebut dapat melayani pemudik hingga Semarang pada tahun depan.

“Kami lagi berusaha Lebaran [2018] nanti sudah bisa dilewati sampai Semarang, kalau kemarin kan hanya sampai Gringsing,” ujarnya kepada Bisnis, belum lama ini.

Jalan tol Batang—Semarang merupakan bagian dari proyek jalan tol Trans Jawa yang dibagi menjadi lima seksi, yang terdiri atas seksi 1 Batang—Tulis (3,20 km), seksi 2 Tulis—Weleri (36,35 km), seksi 3 Weleri—Kendal (11,05 km), seksi 4 Kendal—Kaliwungu (13,50 km), dan seksi 5 Kaliwungu—Krapyak (10,10 km).

PT Jasamarga Semarang Batang selaku anak usaha yang 60% sahamnya dipegang oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk. mengaku berusaha semaksimal mungkin untuk dapat menyelesaikan pembangunan konstruksi jalan tol itu sesuai dengan target yang ditetapkan.

Pasalnya, dukungan infrastruktur jalan tol Batang—Semarang menjadi sangat penting untuk memecahkan permasalahan transportasi darat dan konektivitas baru akan berdampak positif bagi kondisi ekonomi, khususnya Pulau Jawa.

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top