Informasi Karhutla Makin Mudah Diakses Lewat SMS

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyediakan layanan Short Message Service atau SMS info karhutla tersebut.
Saeno
Saeno - Bisnis.com 21 Desember 2017  |  09:43 WIB
Ilustrasi - Antara/FB Anggoro

Bisnis.com, JAKARTA - Masyarakat dapat semakin mudah mengakses informasi kebakaran lahan dan hutan melalui gawai alias gadget di tangan.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyediakan layanan Short Message Service atau SMS info karhutla tersebut.

Hal ini terwujud melalui Perjanjian Kerjasama tentang Penyebaran Informasi Kebakaran Hutan dan Lahan Melalui Layanan SMS, di Jakarta, Rabu (20/12/2017).

Berdasarkan keterangan resmi yang diperoleh Bisnis.com, Kamis (21/12/2017), kerjasama ini merupakan tindak lanjut dari Nota Kesepahaman (MoU) Nomor : PKS.03/MENLHK/SETJEN/PPI.4/1/2017, dan 599/MOU/M.KOMINFO/HK.03.02/04/2017, yang telah ditandatangani pada 25 April 2017. Kerja sama berlaku selama tiga tahun.

Mewakili Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) KLHK, Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, Raffles B. Panjaitan, menyampaikan bahwa melalui kerjasama ini diharapkan informasi mengenai karhutla dari pusat informasi Ditjen PPI KLHK dapat tersebar dalam waktu cepat kepada publik.

“Layanan SMS ini dapat menjangkau daerah-daerah pelosok yang merupakan daerah rawan kebakaran hutan dan lahan. Melalui SMS, masyarakat akan segera mengetahui informasi paling update terkait kemungkinan terjadinya kebakaran hutan dan lahan serta menjadi salah satu media untuk menyampaikan imbauan dan kewaspadaan kepada masyarakat,” tambah Raffles.

PKS ini ditandatangani oleh Direktur Jenderal PPI KLHK, dan Direktur Jenderal Penyelenggaran Pos dan Informatika, Kementerian Kominfo. Sebagai bentuk dukungan dari Kementerian Kominfo, akan disediakan perangkat telekomunikasi dan akses telekomunikasi khusus bagi KLHK dalam penyebaran informasi karhutla kepada masyarakat di lokasi-lokasi rawan karhutla.

Tag : Karhutla
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top