Natal & Tahun Baru, PT KAI Daop I Jakarta Tambah Personel Keamanan

PT KAI Daop I Jakarta, tambahkan personel guna menjamin keamanan selama masa angkutan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.
Pandu Gumilar
Pandu Gumilar - Bisnis.com 23 Desember 2017  |  15:21 WIB
Ilustrasi - Kereta api Rajabasa tujuan Bandar Lampung-Palembang tiba di Stasiun Kertapati, Palembang, Sumatra Selatan, Kamis (29/6). - ANTARA /Nova Wahyudi

Bisnis.com, JAKARTA – PT KAI Daop I Jakarta, tambahkan personel guna menjamin keamanan selama masa angkutan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

Pengaman tahun ini melibatkan kekuatan sebanyak 1.143 personel yang akan ditugaskan di Stasiun dan perjalanan KA. Jumlah total personel tersebut terdiri dari 879 personel internal dan 264 personil bantuan dari TNI dan Polri.

PT KAI pun masih konsisten dalam membatasi kapasitas angkut yang hanya 100%. Tiket dijual sesuai jumlah tempat duduk yang tersedia saja untuk semua kelas, khususnya untuk KA jarak jauh. Sedangkan, untuk data ketersediaan tempat duduk dipastikan akan selalu berubah dalam hitungan detik. Hal ini dikarenakan PT KAI memberlakukan pembelian tiket secara online.

Dari pantauan penjualanan tiket berdasarkan data tanggal 23 Desember 2017, pukul 13:00 WIB posisi penjualanan tiket untuk tanggal 23 Desember 2017 untuk relasi Jakarta ke sejumlah kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, maupun Jawa Timur okupansinya berkisar antara 98 % – 100 %. Selain tanggal-tanggal tersebut okupansinya masih berkisar antara 80 % - 100%.

Diperkirakan pada masa angkutan libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 ini akan terjadi kenaikan jumlah penumpang sebesar 7% dibandingkan dengan tahun lalu. Pada Natal dan Tahun Baru kali ini 628.961 orang yang menggunakan perjalanan KA di wilayah Daop 1 Jakarta selama masa liburan.

Pada tahun yang lalu tercatat penumpang yang mengunakan jasa transportasi KA di wilayah Daop 1 Jakarta hanya 588.093 penumpang. Masyarakat pada angkutan Natal dan Tahun Baru  ini bisa memanfaatkan pelayanan e-boarding pass melalui aplikasi KAI Access versi ter-update, calon penumpang tidak perlu lagi mencetakan tiket chek- in.

Ini artinya penumpang KA semakin dimudahkan pada perjalanan masa angkutan Natal dan Tahun Baru nanti. Pemanfaatan aplikasi fasilitas check in secara online bisa dilakukan langsung dari aplikasinya.

Setelah melakukan check-in melalui aplikasi, pengguna jasa KA akan mendapatkan e-boarding pass. Proses check- in dan unduh e-boarding pass ini dapat dilakukan mulai dari 2 jam sebelum jadwal keberangkatan KA.

 

Tag : kereta api
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top