Berantas Narkoba, BNN Perketat Pemeriksaan Paket Kurir Ekspres

Badan Narkotika Nasional (BNN) terus meningkatkan pengawasan terhadap peredaran narkoba yang pengirimannya melalui jasa kurir ekspres.
Abdul Rahman
Abdul Rahman - Bisnis.com 24 Desember 2017  |  15:05 WIB
Petugas BNN menggerebek Diskotek MG, Jalan Tubagus Angke, Jakarta, Minggu (17/12). - Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Badan Narkotika Nasional (BNN) terus meningkatkan pengawasan terhadap peredaran narkoba yang pengirimannya melalui jasa kurir ekspres.

Fathoni, Kasubdit Pemberantasan dan Pencegahan BNN mengatakan, pihaknya berencana melakukan operasi pemeriksaan rutin tak hanya pada anggota asosiasi pengiriman ekspres, tapi juga perusahaan nonanggota.

Untuk diketahui, BNN dan Asosiasi Perusahaan Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik (Asperindo) bekerja sama dalam hal pemeriksaan paket kiriman untuk pencegahan penyebaran narkoba.

"Tidak hanya Asperindo, tapi yang lain juga. Tapi memang Asperindo yang sudah membuka pintu. Ini langkah maju," katanya, Minggu (24/12).

Dia menambahkan, alasan pihaknya cukup fokus pada pengiriman ekspres karena cara ini merupakan salah satu yang paling aman bagi bandar untuk mengirim narkoba. Pasalnya, barang tersebut sulit dideteksi karena bukan orang yang membawa.

Datanya pun bisa dipalsukan. "Bagi mereka [pengedar narkoba] ini peluang," imbuhnya.

Sudah cukup banyak kasus yang diungkap dengan berbagai modus. Seperti mengganti keterangan paket sebagai ikan teri padahal isinya ganja, ataupun dipalsukan sebagai kopi.

Oleh karena itu, BNN bekerja sama dengan banyak instansi. Dengan semakin banyak koalisi maka pengawasan bisa lebih maksimal.

Tag : narkoba
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top