Kelola Blok Mahakam, Pertamina Gandeng Mitra

PT Pertamina (Persero) akan menggandeng mitra untuk mengelola Blok Mahakam pasca berakhirnya kontrak pada 31 Desember 2017. Namun, belum disebutkan siapa yang berpotensi digandeng.
Duwi Setiya Ariyanti
Duwi Setiya Ariyanti - Bisnis.com 27 Desember 2017  |  14:52 WIB
Direktur Utama PT Pertamina Elia Massa Manik (tengah) memberikan penjelasan dalam Rapat Dengar Pendapat di Komisi VII DPR, Jakarta, Senin (28/8). - JBI/Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) akan menggandeng mitra untuk mengelola Blok Mahakam pasca berakhirnya kontrak pada 31 Desember 2017.

Direktur Utama Pertamina Elia Massa Manik mengatakan ada kemungkinan pihaknya menggandeng mitra lain di luar Total dan Inpex yang merupakan pemilik hak kelola eksisting di Blok Mahakam. Kendati demikian, pihaknya tak menyebut perusahaan mana yang mungkin akan menjadi mitra perseroan selain Total dan Inpex yang menguasai hak partisipasi sebesar 50%.

"Nanti kita lihat. Salah satu strategi kami kan partnership," ujarnya usai menghadiri jumpa pers di Jakarta, Rabu (27/12/2017).

Menurut Elia, basis share down atau pengurangan saham partisipasi masih mengacu pada surat yang diterbitkan pada masa Menteri ESDM Sudirman Said. Dia menilai belum ada surat perubahan dari pemerintah agar ruang bagi kontraktor eksisting naik menjadi 39%.

"Tanya ESDM dong. Resminya enggak ada," tukas Elia.

Tag : blok mahakam
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top