Pemerintah Tetapkan Batas Atas & Bawah Harga Ayam dan Telur

Ketua Umum Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat (Pinsar) Singgih Juratmoko menuturkan pemerintah bersama peternak telah menetapkan batas bawah untuk 5% telur dan ayam sebesar Rp17.000 per kg dan batas atas Rp19.000 per kg di tingkat petani.
Rayful Mudassir | 18 Februari 2018 22:54 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Umum Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat (Pinsar) Singgih Juratmoko menuturkan pemerintah bersama peternak telah menetapkan batas bawah untuk 5% telur dan ayam sebesar Rp17.000 per kg dan batas atas Rp19.000 per kg di tingkat petani.

“Sudah [diatur batas atas dan bawah] 5%. Rp18.000 per kg farm gatenya,” kata Singgih kepada Bisnis akhir pekan lalu.

Penetapan batas atas dan bawah ini kata Singgih masih akan menunggu dikeluarkannya Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) untuk merealisasikan harga untuk kalangan peternak.

Sementara sambil menunggu terbitnya beleid baru, pemerintah masih menerapkan Permendag 27 Tahun 2017 tentang Penetapan Harga Acuan Pembelian di Petani dan Harga Acuan Penjualan di Konsumen.

Dalam Permendag tersebut dijelaskan harga acuan ayam di tingkat petani Rp18.000 per kg, sedangkan di konsumen Rp32.000 per kg.

Adapun harga telur ayam di tingkat petani Rp18.000 per kg dan pada konsumen Rp22.000 per kg.

Meski Permendag batas atas dan bawah belum diterbitkan, peternak mengharap adanya kelonggaran untuk batas atas dan bawah di luar pulau jawa. Batas atas yang diminta mencapai Rp20.000 per kg, sedangkan batas bawah sebesar Rp18.000 per kg.

Permintaan tersebut akibat harga pokok produksi (HPP) di daerah luar Jawa diklaim lebih mahal.

Kenaikan HPP tersebut karena mahalnya pakan ternak serta harga ayam umur sehari (day old chicken / DOC). Meski begitu tidak disebutkan berapa kenaikan HPP saat ini.

“Targetnya akhir bulan ini realisasi [batas atas dan bawah],” paparnya.

Saat ini harga penjualan telur sedang mengalami kenaikan.

Menurut data Pinsar harga telur ayam di tingkat peternak kawasan Jabotabek dan Banten berada di kisaran Rp20.500 – Rp20.800 per kg pada 16 Fabruari.

Kondisi ini disebabkan cuaca yang buruk sehingga mengganggu produksi dan menyebabkan virus penyakit pada ayam petelur.

Tag : telur, harga ayam
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top