Swasta Minta Jaminan Proyek Strategis. Menhub: Harusnya Tidak Ada

Pemerintah mengakui Proyek Strategis Nasional kereta api paling banyak terkendala di Kalimantan karena swasta meminta jaminan.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 18 Februari 2018  |  20:15 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi - Antara/Rosa Panggabean

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah mengakui Proyek Strategis Nasional kereta api paling banyak terkendala di Kalimantan karena swasta meminta jaminan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pemerintah tidak bisa memberikan jaminan atas pengerjaan kereta untuk mengangkut batu bara karena proyek tersebut untuk kepentingan komersial.

“Karena B2B [business-to-business], harusnya tidak ada jaminan pemerintah. Mayoritas itu yang terjadi di sana. Ya, karena dia mengusahakan secara komersial kita tidak menjamin,” kata Menhub di Jakarta, Minggu (18/2/2018).

Menhub belum bisa memastikan apakah PSN khusus jalur darat ini akan tetap berjumlah 23 atau malah akan dikurangi.

Secara keseluruhan PSN terdiri dari 245 proyek yang mencakup 15 sektor infrastruktur. Selain itu ada dua program lainnya yaitu program ketenagalistrikan dan program industri pesawat terbang.

Estimasi total kebutuhan nilai investasi untuk realisasi seluruh PSN adalah Rp4.197 triliun. Pendanaannya dirancang 13% dari APBN/APBD, 28% dari BUMN/D, dan 59% dari pembiayaan swasta. Pembiayaan swasta yang dimaksud melalui skema KPBU maupun skema B2B.

Tag : proyek strategis nasional
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top