ESDM Dorong Jaringan Gas Rumah Tangga Masuk Proyek Strategis Nasional

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berupaya memasukkan jaringan gas bumi atau jargas sebagai bagian dari proyek strategis nasional atau PSN. Hal itu dilakukan demi ekspansi jaringan jargas bisa semakin luas ke seluruh Indonesia.
Surya Rianto
Surya Rianto - Bisnis.com 21 Februari 2018  |  17:38 WIB
Direktur Utama PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Jobi Triananda Hasjim saat mendampingi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignatius Jonan saat mengunjungi pembangunan jaringan gas rumah tangga di Kecamatan Prajurit Kulon, Mojokerto (13/8/2017). - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berupaya memasukkan jaringan gas bumi atau jargas sebagai bagian dari proyek strategis nasional atau PSN. Hal itu dilakukan demi ekspansi jaringan jargas bisa semakin luas ke seluruh Indonesia.

Pelaksana tugas (Plt) Dirjen Migas Kementerian ESDM Ego Syahrial mengatakan, jargas itu memiliki persoalan krusial, yakni infrastrukturnya yang belum tersebar secara luas.

"Kami ingin jargas ini bisa dirasakan seluruh masyarakat di Indonesia, tetapi dalam proses pembangunan infrastrukturnya kerap terganjal seperti, terkait lahan dan sebagainya," ujarnya pada Rabu (21/2).

Ego menyebutkan, dengan menjadi PSN diharapkan proses pembangunan jargas bisa lebih mudah.

"Kalau sekarang, jargas lewat jalur kereta api saja bisa enam bulan prosesnya," sebutnya.

Adapun, proses pengajuan jargas sebagai PSN disebut sudah mencapai seketariat negara (Setneg).

"Saat ini, sudah sampai tahap finalisasi lah," ujar Ego.

Tag : gas rumah tangga
Editor : Sepudin Zuhri

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top