Proyek Bandara Bali Baru Belum Dapat Izin Penetapan Lokasi

Proses pembangunan Bandara Internasional Bali Baru hingga saat ini belum mendapatkan izin penetapan lokasi dari Kementerian Perhubungan.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 22 Februari 2018  |  13:01 WIB
Penumpang di Bandara Ngurah Rai di Bali. - Antara/Nyoman Budhiana

Bisnis.com, JAKARTA -- Proses pembangunan Bandara Internasional Bali Baru hingga saat ini belum mendapatkan izin penetapan lokasi dari Kementerian Perhubungan.

Presiden Direktur PT Bandara Internasional Bali Baru (BIBU) I Made Mangku mengaku telah menempuh semua prosedur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 20 Tahun 2014 tentang Tata Cara Dan Prosedur Penetapan Lokasi Bandar Udara.

"Hingga saat ini, kami belum mendapat rekomendasi penetapan lokasi dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Kami tidak tahu masalahnya di mana," ungkapnya, Kamis (22/2/2018).

Made mengatakan pihaknya sudah membicarakan soal rencana pembangunan dan telah mendapatkan dukungan dari pemerintah daerah setempat dan DPRD Bali. Di sisi lain, lanjutnya, Gubernur Bali telah mengeluarkan rekomendasi persetujuan untuk rencana lokasi bandara.

Kesesuaian lokasi bandara sudah sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 Tahun 2014 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Bali dan Peraturan Gubernur (Pergub) Bali Nomor 6 Tahun 2014 tentang Sistem Transportasi Nasional.

Namun, bandara tersebut kemungkinan besar akan berada di lokasi lepas pantai karena tidak memungkinkan untuk dibangun di darat. Pembangunan di darat berisiko menggusur 33 pura, 121 situs sejarah, jalan raya, pemukiman, hingga lahan sawah subur. Adapun lokasi proyek sekitar 19 km arah Timur dari Ibukota Kabupaten Buleleng.

Proyek pembangunan BIBU diproyeksi membutuhkan dana investasi sekitar Rp30 triliun. Alasan pembangunan bandara tersebut adalah untuk mengurangi kepadatan penumpang di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Denpasar.

BIBU direncanakan sanggup menampung 32 juta penumpang dengan luas terminal mencapai 230.000 m2. Adapun, panjang landasan pacu (runway) mencapai 4.100 m.

Tag : bali
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top