Kemenhub Gelar Program SIM Murah untuk Pengemudi Taksi

Kementerian Perhubungan bakal memberikan sejumlah kemudahan bagi pengemudi taksi obline guna memenuhi regulasi yang sudah disusun, yakni Permenhub No.108 Tahun 2017.
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 22 Februari 2018  |  17:14 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi mengunjungi Bandar Udara Internasional HAS Hanandjoeddin Tanjung Pandan, Belitung, Sabtu (28/10/2017). - Bisnis.com/Renat Sofie

Bisnis.com, SEMARANG -- Kementerian Perhubungan bakal memberikan sejumlah kemudahan bagi pengemudi taksi obline guna memenuhi regulasi yang sudah disusun, yakni Permenhub No.108 Tahun 2017.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya bakal memberikan insentif yang memungkinkan biaya pembuatan surat izin mengemudi (SIM) umum menjadi hanya Rp100.000. Dia menekankan, program SIM dengan biaya pengurusan terjangkau itu juga berlaku untuk pengemudi taksi konvensional.

"Hari Minggu [25 Februari 2018] nanti kita bikin SIM murah, biasanya [biaya pengurusan SIM] bisa Rp1 juta," ujarnya saat berbincang dengan media dalam penerbangan menuju Semarang, Kamis (22/2/2018).

Di sisi lain, Kemenhub juga akan berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika guna mencari sistem pengawasan bersama. Pengawasan menurut Budi Karya tetap menjadi wewenang penyedia jasa aplikasi. Namun, dia menginginkan Kemenhub dan Kominfo bisa mendapat akses terhadap sistem kontrol yang dimiliki penyedia aplikasi.

"Yang mantau tetap mereka [perusahan aplikasi, tapi juga bisa lihat. Banyak driver yang disuspensi dengan alasan tidak jelas, ini tentu tidak adil," pungkasnya.

Tag : menhub
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top