Ini Cara Blibli Kembangkan Produk Lokal

Kehadiran e-commerce yang begitu menjamur di era ekonomi digital memang berpengaruh bagi para produsen, termasuk yang berskala Usaha Kecil, dan Menengah (UKM). Sayangnya, produk yang dijual lebih didominasi barang impor, bukan produk lokal.
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh | 23 Februari 2018 07:36 WIB
CEO Blibli.com Kusumo Martanto (tengah), Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif Hari Sungkari (kiri) dan Direktur Pemberdayaan Industri Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Septiana Tangkari mengamati produk top 20 Finalis The Big Start (TBS) Indonesia 2017, di Jakarta, Senin (2/9). - JIBI/Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA -- Kehadiran e-commerce yang begitu menjamur di era ekonomi digital memang berpengaruh bagi para produsen, termasuk yang berskala Usaha Kecil, dan Menengah (UKM). Sayangnya, produk yang dijual lebih didominasi barang impor, bukan produk lokal.

Senior Marketing Communication Manager Blibli Lani Rahayu mengatakan pihaknya mengadakan program khusus bagi UKM lokal, yang mana mereka dapat menjual produknya di Blibli. Hal ini dilakukan sebagai salah satu cara mendukung pengembangan produk lokal, walaupun sebagian besar barang yang dijual e-commerce itu diakui masih diimpor.

"Meski masih sedikit, tapi di Blibli kami punya yang namanya Galeri Indonesia. Di situ kami mencoba mendorong orang-orang UKM di sini untuk membuat produk dan kami ada tempatnya," jelasnya, Kamis (22/2/2018).

Lani mengungkapkan Blibli juga membuat program khusus kewirausahaan untuk membantu mengembangkan usaha UKM Indonesia.

"Kami punya program kewirausahaan, namanya The Big Start Indonesia. Di sana kami mendorong para pengusaha muda untuk membuat produk-produk lokal dan menjualnya di Blibli. Itu menjadi program yang sedang kami tingkatkan terus tahun ini," tambahnya.

Dalam program tersebut, UKM yang ikut serta dibina dan diberikan modal. Para peserta juga diberi tempat untuk berjualan di platform Blibli.

Tag : blibli.com
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top