Kereta Cepat Jakarta-Bandung: Sudah Tinjau Lokasi, Menteri Rini Optimistis Proyek Sesuai Rencana

Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini M. Soemarno telah melakukan peninjauan langsung ke sejumlah titik proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.
M. Nurhadi Pratomo | 26 Februari 2018 18:55 WIB
Menteri BUMN Rini Soemarno - Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini M. Soemarno telah melakukan peninjauan langsung ke sejumlah titik proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

Staf Khusus III Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Wiyanda Pusponegoro menjelaskan bahwa Menteri BUMN telah mendatangi lokasi pembangunan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Dalam kesempatan tersebut, pihaknya ingin meninjau progres pekerjaan infrastruktur di salah satu lokasi, Walini, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Wiyanda mengatakan Menteri BUMN melihat langsung progres salah satu terowongan di lokasi tersebut. Selain itu, pemerintah juga memastikan progres lahan-lahan yang dapat untuk segera dimulai pembangunan konstruksi.

“Semua sedang berjalan dan proses sesuai rencana,” jelasnya saat dikonfirmasi Bisnis.com, Senin (26/2).

Sebelumnya, Chairman PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI) Sahala Lumban Gaol menyatakan kontraktor meyakini pekerjaan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung dapat selesai tepat waktu. Artinya, proses konstruksi akan rampung pada 2020.

Sahala mengatakan akuisisi lahan ditargetkan 100% selesai pada April 2018. Dengan demikian, seluruh pembebasan lahan sampai dengan Jawa Barat dapat rampung pada periode tersebut.

Sebagai catatan, PSBI merupakan pemegang saham mayoritas dengan porsi kepemilikan 60% di KCIC. Sisanya, 40% saham dimiliki oleh konsorsium korporasi China.

Tag : proyek kereta cepat jakarta-bandung
Editor : Ana Noviani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top