Kemenhub Siapkan Aplikasi yang Mencatat Kegiatan Pengguna Transportasi Umum

Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan tengah membuat aplikasi yang bisa mencatat seluruh kegiatan pengguna transportasi umum.
Jaffry Prabu Prakoso | 27 Februari 2018 17:23 WIB
Bus Transjakarta masih jadi andalan warga Kota Jakarta saat Idulfitri, Minggu (25/6/2017). - Bisnis.com/Veronika Yasinta

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan tengah membuat aplikasi yang bisa mencatat seluruh kegiatan pengguna transportasi umum.

Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Perhubungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Hengki Angkasawan mengatakan pola tersebut berbasis Service Oriented Architecture (SOA) Hub Net.

“Semacam interprise service bus yang nanti tekoneksi dengan inhouse sistem transportasi. Jadi semua data masuk dalam SOA,” katanya di Jakarta, Selasa (27/2/2018).

Hengki menambahkan aplikasi ini bisa mencatat semua aktivitas penumpang mulai dari stasiun mana mereka naik, turun, dan kapan menggunakan transportasi umum tersebut.

Tujuannya adalah agar bisa dijadikan analisa data Menteri Perhubungan untuk membuat dasar kebijakan selanjutnya dalam pengembangan infrastruktur transportasi.

Hengki belum bisa menjelaskan secara rinci dengan pihak mana kerjasama penggunaan teknologi ini.

Hal ini karena kini sistem teknologi di pasaran sudah banyak yang tersedia. Tinggal memilih penyedia mana bisa menawarkan sistem yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

“Yang sulit memilih teknologi yang tepat. Semua platform itu kan sudah memiliki standar,” tutupnya.

Tag : transportasi publik
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top