Beli 15 Kapal Tunda, Pelindo III Investasi Rp1,15 Triliun

Pelabuhan Indonesia III menggelontorkan investasi hingga Rp1,15 triliun untuk membeli 15 kapal tunda baru berkekuatan 1.500 Tenaga Kuda dan 2.400 Tenaga Kuda.
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 27 Februari 2018  |  16:34 WIB
Kapal tunda menarik muatan batubara melintasi sungai Mahakam, di Samarinda, Kaltim. - REUTERS/Beawiharta

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) menggelontorkan investasi hingga Rp1,15 triliun untuk membeli 15 kapal tunda baru berkekuatan 1.500 Tenaga Kuda dan 2.400 Tenaga Kuda.

Penambahan kapal tunda baru diharapkan bisa meningkatkan kinerja operasional Pelindo III yang kini tengah fokus menggenjot layanan sekelas perusahaan global.

VP Corporate Communication Pelindo III, Lia Indi Agustiana mengatakan perseroan melakukan ekstensifikasi dengan investasi tepat guna di sektor infrstruktur dan operasional pelabuhan.

"Ini dilakukan agar pasar Pelindo III berkembang dan terus mendatangkan kapal-kapal internasional," ujarnya dalam siaran pers, Selasa (27/2/2018).

Dia menambahkan, proses bisnis layanan jasa kepelabuhan juga dipadukan dengan entitas usaha dan afiliasi sehingga layanan tidak terbatas pada bongkar muat, tetapi juga mencakup pemanduan, penundaan kapal, properti, dan kawasan industri. Pelindo III saat ini memiliki 23 perusahaan, baik anak usaha maupun perusahaan afiliasi.

Sebelumnya, Direktur Utama Pelindo III, Ari Askhara mengatakan kapal tunda baru dipesan ke galangan PT Dumas Tanjung Perak Shipyards dan PT Daya Radar Utama di Tanjung Priok. "Pelindo III memercayakan produksi kapal tunda baru pada galangan kapal nasional," ujar Ari.

Menurut Ari, kapal tunda yang dipesan Pelindo III dilengkapi fitur AMS atau Alarm Monitoring System (AMS) yang bisa memantau kondisi kapal secara langsung sehingga operasional kapal efisien. Fitur AMS juga menjadi syarat bagi kapal tunda untuk mendapat notasi kapal UMS (unattended machinery space) yang mana kapal cukup diawaki tiga orang.

Tag : pelindo iii
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top